Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resto Bernuansa Jadul di Bali

Kompas.com - 10/10/2014, 11:06 WIB
KOMPAS.com - Ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke membuat Indonesia dilimpahi aneka budaya dan tradisi. Makanan Indonesia merupakan cermin dari ragam budaya dan tradisi di Nusantara.

Datang ke Bali pada saat libur lebaran memang membuat kita harus bersiap untuk antre makanan. Terutama untuk kuliner Indonesia yang kaya dengan bumbu dan jelas menggoda untuk disantap. Pulau Dewata ini dipenuhi dengan turis domestik yang rata-rata punya hobi sama dengan saya, kuliner!
 

ARSIP DOYANKULINER.COM Resto Dapoer Pemuda di Jalan Veteran, Denpasar, Bali.
Saat wisata kuliner di Jalan Veteran, Denpasar Bali, saya menemukan salah satu tempat makanan yang cukup menarik. Dari luar terlihat seperti rumah jadul zaman Belanda dulu. Tertulis pada papan Dapoer Pemuda sejak 1976. Kalau masakan Indonesia berhasil bertahan selama itu tentu wajib dicoba.

Si empunya Dapoer Pemuda, Pak Calvin, menuturkan bahwa dulunya Dapoer Pemuda berbentuk depot dan dikenal dengan nama Asih. Ia ingin menambahkan sedikit konsep lawas bagi para pecinta masakan Indonesia.

ARSIP DOYANKULINER.COM Sop Buntut Goreng
Calvin bersama istrinya merombak tempat ini dengan dekor ala rumah Indonesia zaman Belanda. Meja makannya pun diganti dengan meja mesin jahit yang menjadikan tempat ini makin unik.
 
Untungnya saya datang bersama keluarga, jadi saya bisa mencicipi beberapa menu yang dijual. Kami memesan beberapa menu yang merupakan rekomendasi chef yakni Nasi Bakar Ayam, Sop Buntut Goreng, Tahu Telor dan Nasi Goreng Ayam. Sop buntut gorengnya empuk banget. Ada rasa manisnya juga jadi waktu disiram kuah panas rasanya mantap.

ARSIP DOYANKULINER.COM Nasi Bakar Ayam
Semua pesanan kita nikmat tapi yang paling menggoyang lidah justru bukan pesanan saya, tapi pesanan mama, Nasi Bakar Ayam. Dimasak dengan ketan dan dibakar membuat rasa nasinya gurih dan sedap. Harganya memang tidak lagi harga depot tapi saya rasa cukup sebanding dengan rasanya. Misalnya, nasi bakar ayam Rp 23.000, sop buntut goreng Rp 60.000, tahu telor Rp 23.000,
nasi goreng ayam Rp 30.000. (Avellia)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com