Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Indonesia dalam Bingkai Fotografi

Kompas.com - 12/10/2014, 17:13 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Perkembangan teknologi fotografi digital serta penggunaan internet mendorong masyarakat semakin menyukai kegiatan di bidang fotografi. Kebiasaan ini berdampak untuk kemajuan pariwisata di Indonesia.

"Dalam kehidupan sehari-hari kita hampir tak lepas dari kegiatan fotografi. Dampaknya tentu saja terasa untuk ekonomi kreatif dan otomatis termasuk peningkatan di bidang pariwisata," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam pembukaan Kongres Fotografi Indonesia, Jumat (10/10/2014).

Penggunaan internet yang semakin mudah dan dinilai murah dapat menjadi wadah para penyuka fotografi untuk berbagi karya dengan cepat. "Karya fotografi yang disebar melalu sosial media pergerakannya mirip citizen journalism yang menjadi karya yang mengedepankan kepekaan mereka (fotografer) dalam melihat situasi. Alatnya pun mudah, telepon genggam saat ini sudah memiliki kamera, sehingga memudahkan mereka yang akan berbagi di media sosial," ujar Mari.

Dalam dunia fotografi yang kerap dibagi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori.  "Kita bisa lihat, karya fotografinya masuk ke dalam kategori yang mana, wisata, budaya, kuliner atau apa. Sehingga masing-masing otomatis dapat mengangkat nilai terutama di bidang pariwisata," sambungnya.

Menparekraf juga menyebutkan, ada sinergi antara fotografi, internet dan pariwisata. Yaitu ketika karya fotografi pariwisata yang disebar melalui internet dan mulai dikenal, selain dapat mengangkat tempat wisata tersebut juga akan membuat fotografi lebih bernilai.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com