Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Suka Wisata Petualangan? Datanglah ke Aceh

Kompas.com - 17/10/2014, 09:24 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggemar wisata petualangan bisa pilih Aceh sebagai destinasi wisata. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Reza Pahlevi pariwisata Aceh berfokus pada adventure tourism atau wisata petualangan.

"Di Aceh ada alam yang indah, dengan hutan-hutannya, cocok untuk peminat khusus berupa jelajah alam," ungkap Reza dalam sebuah temu media di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Oleh karena itu, ada beragam acara bertema wisata petualangan. Misalnya, lanjut Reza, baru-baru diadakan ajang bike cross country.

"Kita juga ada acara international surfing. Di Aceh Tenggara ada international rafting. Jadi kita coba perkenalkan Aceh melalui alam," jelas Reza.

Selain itu, ungkapnya, Sabang yang sudah naik daun menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, menawarkan ekowisata bahari.

"Sabang banyak turis Eropa dan Amerika," katanya.

Sementara itu, Managing Director Pacto I Ketut Salam, mengungkapkan dulu biro perjalanan wisata di Indonesia menawarkan paket rafting di Sungai Alas untuk wisatawan asing. Sayang, paket ini sudah tidak dijual lagi sejak diberlakukan Daerah Operasi Militer (DOM) di Aceh pada rezim Orde Baru.

"Mungkin sekarang bisa dihidupkan kembali wisata rafting tersebut," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com