Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta-Singapura, Rute Terpadat Ketiga di Dunia

Kompas.com - 17/10/2014, 13:09 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rute Jakarta (melalui Cengkareng)-Singapura (CGK-SIN) merupakan rute pesawat terpadat ketiga di dunia. Hal ini tidak mengherankan sebab Bandara Changi di Singapura merupakan pusat transportasi udara paling terkoneksi di Indonesia dalam hal kapasitas kursi.

"Total kapasitas kursi per minggu 102.000 kursi, ini satu arah," ungkap Assistant Vice President Corporate and Marketing Communications Changi Airport Group Robin Goh, di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Selain itu, dalam hal jumlah kedatangan, penumpang asal Indonesia merupkan penyumbang jumlah terbesar. Hal ini dikarenakan jarak yang dekat dan konektivitas yang kuat di antara kedua negara tersebut.

Sebagai gambaran, Robin mengatakan, jumlah kedatangan warga negara Indonesia di Bandara Changi mencapai 3,17 juta orang selama setahun, pada periode Juli 2013 sampai Juli 2014. Angka ini menunjukkan peningkatan 7 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

"Ada 14 kota yang memiliki penerbangan langsung ke Changi. Tidak perlu kaget, jumlah terbesar dari Jakarta. Dari Jakarta dilayani 8 maskapai," kata Robin.

Kota-kota lainnya adalah Denpasar, Surabaya, Bandung, Medan, Yogyakarta, Balikpapan, Semarang, Manado, Lombok, Palembang, Makassar, Pekanbaru, Solo. Maskapai yang melayani rute antara Indonesia dan Singapura adalah Air France, Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Lion Airlines, Singapore Airlines, Tigerair, Valuair, Turkish Airlines, Jetstar Airways International, KLM, China Airlines, dan SilkAir.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Calon penumpang memadati pintu keberangkatan Terminal 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/8/2012).
Bandara Changi sendiri melayani 66 juta penumpang setiap tahunnya di tiga terminal yang dimiliki. Angka ini menjadikan Bandara Changi sebagai bandara tersibuk keenam di dunia. Pada September 2014, Bandara Changi melayani 102 maskapai, termasuk maskapai codeshare. Hal ini berarti bahwa Changi melayani 73 negara dan 300 kota, serta melayani 6.364 penerbangan dalam seminggu.

"Ini artinya ada pesawat yang terbang (atau mendarat) setiap 90 detik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com