Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fashion on The River" Akan Digalakkan Kembali di Pasar Baru

Kompas.com - 22/10/2014, 08:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Dinas Pariwisata Kota Jakarta Pusat akan menghidupkan kembali "Fashion on the River" di Pasar Baru, Jakarta Pusat, seperti yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu menjelang hari ulang tahun Jakarta setiap 22 Juni.

"Di situ kan ada kanal atau saluran air yang melintas tepat di depan Pasar Baru. Kanal itu yang digunakan sebagai tempat pameran busana atau produk lainnya. Beberapa tahun lalu kegiatan ini sempat dilaksanakan, namun terhenti," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat, Sri Budiarti Priambodo, di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Dia mengatakan "Fashion on the River" yang diikuti oleh penyewa-penyewa yang menempati bangunan toko kawasan Pasar Baru dan perancang busana bertujuan menarik wisatawan serta memberikan pesan edukatif bagi warga Jakarta tentang pentingnya menjaga sungai Ciliwung.

"Mudah-mudahan rencana ini dapat terealisasi. Apalagi di Jakarta ada beberapa festival yang rutin dilaksanakan seperti Festival Pasar Baru, Festival Flora dan Fauna atau Festival Layang-layang. Kami terus berupaya agar menjadikan Kota Jakarta sebagai tujuan wisata yang menyenangkan," ungkapnya.

Terkait dengan bangunan Pasar Baru, lanjut Sri, mempunyai nilai sejarah dan ditempati oleh etnis-etnis tertentu yang sudah sejak lama berinteraksi dengan pengunjung dan warga setempat.

"Pasar Baru adalah satu dari delapan destinasi wisata yang ada di Jakarta Pusat. Dan delapan kawasan tujuan wisata ini terus dikembangkan, diperbaiki sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang datang. Tujuannya agar semakin banyak yang datang berwisata ke sini," ujarnya.

Dia menambahkan setelah berwisata dan belanja di Pasar Baru, wisatawan bisa menikmati rumah lukisan yang berderet di depan Gedung Kesenian Jakarta, patung pembebasan Irian Barat, Monumen Nasional serta beberapa kawasan tujuan wisata lainnya.

April tahun ini Wali Kota Jakarta Pusat H Saefullah mengeluarkan Keputusan Nomor 276 Tahun 2014 tentang Penetapan Delapan Kawasan Destinasi Wisata yaitu Pasar Baru dan Kemayoran, Monumen Nasional dan Gambir, Tanah Abang, Jalan Jaksa, Senen, Thamrin, Lapangan Banteng serta Menteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com