Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

London di Awal Musim Gugur

Kompas.com - 27/10/2014, 13:29 WIB
ANGIN berembus cukup kencang menggoyang pepohonan ketika menjelang senja di Hyde Park, London, Inggris, medio September lalu. Sinar jingga mentari menerpa gerombolan angsa yang berenang di kolam. Hyde Park, taman kota terbesar di London, juga ramai oleh beragam aktivitas warga dan wisatawan yang menikmati sisa kehangatan musim panas.

Di salah satu sudut taman, sebuah panggung berdiri untuk persiapan konser musik. Saat cek suara pada sore itu, lagu berjudul ”September” dari kelompok jazz legendaris Earth, Wind & Fire mengentak dan menggema ke penjuru taman.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pedagang Kaki Lima di London, Inggris.
Seperti kebanyakan wilayah Eropa lainnya, saat memasuki September merupakan awal musim gugur di London. Meskipun masih ada sinar matahari, embusan angin dan perubahan musim membuat hawa terasa sejuk sepanjang hari, dengan suhu rata-rata 10-20 derajat celsius.

Aktivitas warga London pada awal musim gugur ini banyak digunakan untuk menikmati kehangatan matahari yang masih tersisa. Taman-taman kota selalu penuh menjelang senja. Dedaunan pohon maple di taman beterbangan tertiup angin hingga terkulai ke bumi.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pulang Kerja di James Street, London, Inggris.
Sementara itu, di pusat perbelanjaan Oxford Street, hilir mudik pejalan kaki dan pesepeda meramaikan suasana persiapan gelaran London Fashion Week. Perpaduan arsitektur bangunan tua yang menjadi gerai serta butik-butik fashion modern di kawasan itu meneguhkan London sebagai kota desain dan mode.

Kafe dan bar di pusat kota juga ramai di kala senja. Para pekerja banyak menghabiskan waktu sepulang kerja untuk minum bir dan nongkrong menikmati cuaca yang masih bersahabat.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pusat Belanja Oxford Street di London, Inggris.
Musim gugur masih akan berlangsung hingga November, sebelum memasuki musim dingin. Pepohonan pun belum merontokkan semua daunnya. Cuaca sejuk dan hangat yang bersahabat menjadi teman perjalanan menikmati London. (Iwan Setiyawan)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com