Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2014, 11:50 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya terlihat sedikit kaget saat mengetahui bahwa Kota Tua Jakarta belum memiliki slogan. Hal tersebut ditanyakan pada semua orang yang hadir saat kunjungannya ke kawasan Ini.

"Kota Tua (Jakarta), slogannya apa?" tanya Arief.

Pertanyaannya ini tak mendapat jawaban. Seperti yang diketahui walaupun di era kolonial kawasan ini sempat berjaya, hingga kini Kota Tua Jakarta belum pernah memiliki slogan yang menjadi identitasnya.

"Slogan itu penting, tiap tempat harus memiliki slogan terlebih bila menjadi tempat wisata. Slogan mengingatkan kita pada posisi dan identitas sehingga akan mudah diingat," ungkap Arief.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Kelompok kesenian ondel-ondel

Dua kekurangan Kota Tua (Jakarta) lainnya juga diungkapkan oleh Arief. Di antaranya, kebersihan dan tolok ukur pembangunan.

"Selain slogan, saya rasa benchmark juga penting. Kita harus mencontoh juga kira-kira kota apa yang mirip dengan Kota Tua. Mencontoh yang baik kan tidak apa-apa," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arief menyatakan bahwa kawasan Kota Tua mirip sebuah kawasan di kota Meksiko. "Di sana (Meksiko) juga terdapat kawasan bersejarah yang mirip Kota Tua. Suriname juga dapat dijadikan contoh. Saat ini kunjungan wisatawan ke Suriname sudah jutaan. Kita bisa contoh keberhasilan mereka," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com