Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November Ini, Tour de Bintan Kembali Digelar

Kompas.com - 30/10/2014, 16:05 WIB

TOUR de Bintan 2014, acara yang menggabungkan olahraga dan pariwisata ini kembali diselenggarakan kelima kalinya pada 7-9 November  2014 di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. MetaSport selaku promoter akan menambahkan sentuhan baru pada kompetisi balap sepeda kali ini.

Sebagai salah satu ajang pebalap sepeda terkemuka di Asia, Tour de Bintan, menawarkan lomba sepeda berstandar internasional di Pulau Bintan yang indah. Pebalap memiliki tiga pilihan nomor gran fondo: the double (250 km), the classic (150 km) dan the challenge (82 km). Gran fondo merupakan nomor yang menawarkan sensasi rekreasi bersepeda sambil mencari tantangan baru. Sementara untuk nomor kompetitif terbagi menjadi empat kategori: kategori 1, 2 dan 3 untuk pria, serta kategori wanita.

Lomba akan berlokasi di sekitar 60 km dari Nirwana Gardens di area Bintan Resort. Tahun ini agak berbeda karena MetaSport memperluas jangkauan rute ke Tanjung Pinang, memperlihatkan 3,4 km jalur yang dipenuhi kawasan bersejarah di ibukota Kepulauan Riau tersebut.

Tahap 1 berlangsung pada 8 November. Pebalap yang tercatat dalam nomor The classic 150 km akan melintasi sebagian besar Pulau Bintan, dimulai dari Simpang Lagoi lalu dilanjutkan kearah utara, timur dan tenggara serta berakhir kembali di Simpang Lagoi. Sebagian rute berada di sepanjang pantai, kemudian akan melewati tanjakan tajam, dan bukit-bukit di ketinggian 1.400 m dpl.

Karena Bintan terletak di garis khatulistiwa, Matahari yang begitu menyengat menambah tantangan tersendiri bagi pebalap. Itulah sebabnya mengapa Tour de Bintan selalu menghasilkan pemenang yang layak. Pada 9 November, kini giliran bagian barat Bintan yang dijajal oleh pebalap. Tahap 2 mengambil garis start dan finish di Nirwana Gardens, rute yang dijelajah pun akan lebih pendek.

Pulau Bintan merupakan pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Lokasi Bintan terbilang sangat strategis karena terletak di semenanjung selatan Malaysia, di mulut Selat Malaka dan dari sejarahnya merupakan tempat singgah favorit bagi kapal dagang India dan Tiongkok untuk berlindung dari badai serta mengisi perbekalan.

Mayoritas wisatawan mancanegara, dating ke Bintan dengan kapal ferry dari Terminal Tanah Merah Singapura ke Terminal Bandar Bentan Telani Lagoi. Kawasan Bintan Resort di utara Bintan yang menawarkan penginapan kelas atas adalah salah satu daya tariknya. Tempat ini dibangun di atas lahan 300 hektar, menyajikan lapangan golf kelas dunia yang didesain oleh arsitektur internasional terkemuka.

Di pantai barat Bintan terdapat Kota Tanjung Pinang, dahulu merupakan kota sunyi namun saat ini merupakan ibukota provinsi yang sibuk. Di sini Anda akan menemukan rumah kuno panggung yang menarik, juga terdapat beberapa candi Buddha termasuk candi kuno yang dinaungi pohon bayan yang besar dan rindang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com