Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Diharap Fokus Tangani Pariwisata

Kompas.com - 01/11/2014, 16:11 WIB
SINGAPURA, KOMPAS — Pelaku pariwisata di luar negeri berharap pariwisata Indonesia bisa berkembang pesat di bawah pemerintahan baru. Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan pemerintahan baru agar pariwisata Indonesia bisa tumbuh lebih pesat lagi.

Sejumlah pelaku pariwisata mengemukakan hal itu di sela-sela acara Travel Rave, promosi pariwisata Asia, di Singapura, Kamis (30/10/2014). Wartawan Kompas, M Clara Wresti, hadir dalam acara tersebut.

”Indonesia saat ini punya presiden baru. Saya lihat beliau fokus pada pariwisata. Akan tetapi, memang banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan seperti infrastruktur. Kita lihat, bandar udara banyak sekali yang masih harus ditingkatkan kapasitasnya,” kata President & CEO World Travel Tourism Council David Scowsill.

Menurut Scowsill, sudah waktunya pemerintah berinvestasi pada infrastruktur untuk menghadapi pertumbuhan 10-15 tahun mendatang. Infrastruktur ini bukan hanya untuk pengembangan pariwisata domestik, melainkan juga untuk mengundang sebanyak mungkin turis asing.

”Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat potensial. Jadi, yang kurang bukan destinasinya, melainkan kemasannya," ujar Scowsill.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Turis asing di Danau Sentani
CEO AirAsia Expedia Kathleen Tan juga menyampaikan harapannya yang cukup besar kepada pemerintahan baru.

”Ini sebuah perjalanan baru yang sangat panjang. Tentu akan membutuhkan waktu. Namun, akan banyak perubahan terjadi sehingga pariwisata akan lebih baik,” ujar Tan.

Bisa fokus

Presiden Direktur Panorama Group Budijanto Tirtawisata sebagai pelaku industri wisata Tanah Air juga menyambut baik pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

”Untuk pertama kali, Kementerian Pariwisata tidak ditempel dengan bidang lain. Semoga kementerian sekarang bisa fokus pada pariwisata saja,” kata Budi.

www.facebook.com/mzuck Mark Zuckerberg dimintai tolong untuk memotret turis yang berkunjung di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (12/10/2014) pagi.
Budi menjelaskan, meski hanya fokus pada pariwisata, masih banyak yang dilakukan. Perlu kesabaran dan ketekunan untuk mengembangkan potensi wisata Indonesia. ”Destinasi kita banyak, tetapi infrastruktur belum siap. Sumber daya manusia juga masih harus ditingkatkan kapasitasnya. Dan yang terpenting lagi adalah pemasaran,” ujar Budi.

Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Badan Pusat Statistik per akhir tahun 2013 menunjukkan, total wisatawan asing ke Indonesia sebanyak 8,8 juta orang. Sekitar 56,5 persen atau 4,9 juta orang datang untuk berlibur.

Sekitar 73,04 persen wisatawan asing datang ke Indonesia menggunakan moda transportasi udara. Adapun lama tinggal rata-rata 7,65 hari per kunjungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com