Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keliling IIBF 2014, Menteri Pariwisata Dapat Banyak Kejutan

Kompas.com - 05/11/2014, 15:27 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepat pukul 19.00, Selasa (4/11/2014) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengunjungi Indonesia International Book Fair (IIBF) yang diselenggarakan di Istora Senayan. Meskipun pameran buku internasional yang diadakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) pada malam itu tak terlalu ramai, tetapi sambutan atas kedatangan Menpar dilakukan dengan hangat.

Malam itu, Arief memulai langkahnya dengan mengunjungi stan dari perwakilan Kedutaan Besar Arab Saudi. Sambutan terus menghampirinya. Mulai dari diajak berkeliling untuk melihat-lihat papan bergambar bangunan bersejarah di Arab sana hingga ikut mencicip pembuatan kain hitam pembungkus Kabah. Pengunjung yang datang pun tak kalah hangat sambutannya. Arief malam itu dijejali beberapa orang-orang yang mau mengambil gambarnya. Sebagai tanda mata, ia juga mendapat satu bingkai besar bergambar Kabah dari salah satu stan Arab Saudi.

Senyumnya tak habis-habis malam itu. Beberapa kali ia melontarkan ucapan terima kasih dalam bahasa Arab. "Syukron, syukron," ungkapnya.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Pesan dari Menteri Pariwisata untuk dinding inspirasi Korea saat kunjungannya di IIBF 2014, Selasa (4/11/2014)

Selain stan Saudi Arabia, Arief sempat mengunjungi stan Korea dan Malaysia. Pada dinding inspirasi Korea, ia sempat menulis satu pesan dengan menempelkan secarik kertas bertuliskan "Welcome to IIBF 2014, tertanda Arief Yahya".

Kejutan tak habis begitu saja, sampai di stan Malaysia, Arief juga sempat diberikan beberapa buku anak saat mengunjungi stan penerbit buku Erlangga. "Terima kasih ya," ungkapnya sambil lalu.

IIBF 2014 diselenggarakan oleh Ikapi dengan menggandeng 10 negara di luar Indonesia. Di antaranya, Saudi Arabia, Jepang, Korea, Tiongkok, Malaysia, Singapura, Mesir, Pakistan, Kanada dan Taiwan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com