Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tempo Doeloe atau Festival Gaul?

Kompas.com - 07/11/2014, 16:09 WIB
SETELAH menjalani rutinitas sepanjang pekan ini, ada berbagai pilihan acara hiburan dan rekreasi yang bisa dinikmati warga Jakarta dan Tangerang, akhir pekan ini. Mulai dari festival, pesta kuliner, hiburan musik dan seni, hingga pameran pendidikan.

Di Taman Fatahillah di kawasan Kota, Jakarta Barat, akan digelar dua festival bertema sejarah, yakni Festival Kota Tua pada Sabtu (8/11/2014) dan Festival Tempo Doeloe pada Minggu (9/11/2014).

Kepala Seksi Pergelaran dan Pameran Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat Wawan Hermawan mengatakan, dua festival itu akan dibuka mulai pukul 06.00 bersamaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Festival Kota Tua akan mengusung tema tokoh-tokoh Betawi pada 1950-1970-an. Acara akan dibuka tarian yang mengisahkan tentang tokoh Betawi, Pii atau Imam Syafiie.

Pada malam hari, lanjut Wawan, akan digelar musik Koes Ploes tahun 1970-an, musik tradisional Betawi, peragaan silat dan tarian Betawi.

Kuliner malam

Sementara bagi warga Kota Tangerang dan sekitarnya yang ingin menikmati suasana kota tua dengan sensasi lain, datanglah ke Pasar Lama, Jalan Ki Samaun, Kota Tangerang, Sabtu. Sejak sore hari hingga tengah malam, masyarakat dapat menikmati Pasar Lama Culinary Night yang disanding dengan Car Free Night.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Asinan Lan Jin. Asinan yang sudah tersohor di Tangerang, Banten, ini berada di tengah Pasar Lama dekat Kelenteng Boen Tek Bio.
Pengunjung pun bisa menikmati beragam pilihan kuliner sambil menghayati suasana tepi Sungai Cisadane dan Pasar Lama, pasar tertua dan mengandung jejak sejarah perjalanan warga Tionghoa di Kota Tangerang. Di tempat itu juga terdapat wihara Bun Tek Bio dan Museum Benteng Heritage.

Kepala Bappeda Kota Tangerang P Said mengatakan, suasana nostalgia itu akan didukung dengan kesenian dan musik tradisional asli Tangerang. Selain itu juga akan ada sajian musik modern dan musik jalanan. ”Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Tangerang terkait penataan kawasan itu,” kata Said.

Hiburan gaul

Anak muda yang ingin menikmati keramaian yang unik dan gaul bisa datang ke Parkir Timur Senayan. Di tempat ini, pada Sabtu dan Minggu, akan digelar acara Hai Day ke-3.

Business Assistant Manager Majalah Hai Reiza Maspaitella mengatakan, Hai Day adalah semacam festival yang menggabungkan acara hiburan, musik, kesenian, dan kompetisi sekolah. Sejumlah nama tenar, seperti Sheila On 7, Endank Soekamti, Seringai, JKT48, Maliq & D’Essentials, dan Tulus, akan ikut memeriahkan festival ini.

KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYAT Sheila on 7
Selain itu juga akan ada kompetisi high school chef, panjat dinding, food truck fest, dan doodle art. Selain itu juga ada mini jakcloth, stand up comedy, peragaan busana fashion street, lokakarya film dan animasi, serta garage sale.

Buat penggemar sinema Korea bisa menyambangi The Republic of Korea ASEAN Cinema Weekend di Blitzmegaplex Pacific Place pada Jumat hingga Minggu. (WIN/PIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com