Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setu Babakan Jadi Destinasi Wisata Modern pada 2020

Kompas.com - 11/11/2014, 15:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Perkampungan budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan ditargetkan akan menjadi wisata modern pada 2020. Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komite Kesenian dan Pemasaran Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Indra Sutisna di Jakarta, Senin (10/11/2014).

"Kalau pembangunan di semua zona sudah rampung dan sumber daya manusianya sudah siap, Setu Babakan sebagai pusat kebudayaan Betawi akan menjadi tempat wisata yang maju, mandiri dan modern," kata Indra.

Ia menjelaskan untuk menjadi destinasi wisata modern ini, pembangunan fisik dan non fisik harus sejalan karena keduanya harus saling mendukung.

Pembangunan fisik dibagi menjadi tiga zona yakni zona A yang merupakan pusat Setu Babakan berupa, museum, galeri dan ruang serbaguna.

Berikutnya zona B sebagai pusat kuliner yang difungsikan sebagai tempatnya kuliner nusantara, dari kuliner Betawi hingga kuliner nusantara dan pedagang kaki lima (PKL) yang berada disekitar danau Setu Babakan.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pengunjung melihat pentas lenong yang dimainkan kelompok seni Bina Irama di kawasan wisata Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (13/5/2012).
Selanjutnya zona C berupa perkampungan mini Betawi yang dibangun di atas pulau kecil di tengah danau. Walaupun pembangunan fisik selesai pada 2020 namun pembangunan non fisik terus berlangsung karena inilah yang menopang keberlangsungan wisata Betawi ini. "Non fisik ini menyangkut kesiapan masyarakat sekitar Setu Babakan menjadi masyarakat sadar wisata," katanya.

Pembangunan non fisik itu antara lain penguatan seni budaya seperti pelatihan menyajikan makanan kepada tamu, menyiapkan home stay kepada pengunjung, dan menjadi pemandu wisata.

Saat ini setiap hari Minggu, Setu Babakan menampilkan pertunjukan budaya Betawi seperti tari-tarian, lenong dan demo masak. "Pengunjung juga sering nginap biasanya mahasiswa pariwisata dari luar Jakarta. Mereka datang untuk belajar budaya Betawi di kampung ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com