Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menaker: Sektor Pariwisata Paling Siap Hadapi MEA

Kompas.com - 13/11/2014, 17:33 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri mengatakan para pekerja di sektor pariwisata merupakan sumber daya yang paling siap menghadapi persaingan bebas dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

"Kita harus periksa diri sendiri terkait kesiapan menghadapi MEA. PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) ini relatif sektor yang paling siap (menghadapi MEA)," katanya dalam dialog bersama pelaku pariwisata di Denpasar, Bali, Kamis (13/11/2014).

Menurut Hanif, sektor pariwisata merupakan satu dari delapan prioritas yang harus dipersiapkan menjelang persaingan bebas di negara kawasan Asia Tenggara itu.

Kesiapan tersebut telah diantisipasi dengan pemberlakuan sertifikasi kompetensi bagi para pekerja di sektor pariwisata.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Taman Ujung di Karangasem, Bali.
Menaker mencatat hingga tahun 2013, sebanyak 58.627 orang tenaga kerja di sektor pariwisata di seluruh Tanah Air telah menjalani sertifikasi kompetensi. "Sertifikasi kompetensi itu akan memfasilitasi mobilitas para profesional pariwisata berdasarkan kompetensi pariwisata berkualifikasi," katanya.

Pemerintah meminta setiap perusahaan mempekerjakan tenaga kerja yang telah lulus sertifikasi kompetensi melalui 46 standar.

Meski dinilai paling siap, namun kondisi pertumbuhan pariwisata Indonesia masih berada di posisi empat di negara kawasan ASEAN. Padahal pertumbuhan pariwisata di kawasan ASEAN pada 2005-2012, menurut Hanif, rata-rata tumbuh 8,3 persen, sedangkan pertumbuhan secara global baru mencapai sekitar 3,6 persen.

Sementara itu, pada 2013 tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara mencapai sekitar 92,7 juta orang atau naik sekitar 12 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

"Daya saing pariwisata Indonesia juga meningkat dari peringkat 74 kini naik menjadi peringkat 70 dari 140 negara di dunia," ucapnya.

SERAMBI/M ANSHAR Penumpang kapal pesiar Calledonian Sky disambut tari ranup lampuan saat tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Minggu (13/10/2013). Sebanyak 88 turis asal Australia dan Inggris tersebut menghabiskan waktu selama empat jam untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Banda Aceh sebelum melanjutkan pelayaran ke Pulau Simeulue (Aceh) dan Pulau Nias, Medan.
Meski demikian, pariwisata Indonesia masih perlu dioptimalkan. Salah satunya peningkatan infrastruktur pariwisata dan aksesibilitas pendukung pariwisata.

Pernyataan terkait kesiapan sektor pariwisata dalam menghadapi MEA 2015, juga diakui oleh sejumlah pelaku pariwisata di Pulau Dewata. "Berbicara pariwisata, kami di sektor pariwisata di Bali sangat siap menghadapi MEA," kata Ketua PHRI Badung, Rai Suryawijaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com