Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemewahan Alami di Utara Jakarta

Kompas.com - 23/11/2014, 18:32 WIB
TAK banyak yang tahu pelesir ke pesisir utara Jakarta menawarkan sensasi yang menawan. Pantai berpasir putih, laut nan jernih, serta aneka biota laut nan kaya akan memanjakan mata para pejalan. Tak cukup sampai di situ, resor berkelas yang ditata sedemikian rupa akan menjadi pilihan menginap sembari bersahabat dengan alam Jakarta.

Tiger Island Eco Resort

Sensasi yang tak biasa terasa saat kami menginjakkan kaki di dermaga Pulau Macan. Laut nan jernih di sekitar dermaga dijadikan area transplantasi karang oleh Tiger Island Eco Resort. Resor ini merupakan resor ramah lingkungan yang berada di bagian utara kawasan Kepulauan Seribu.

Kamar-kamar dibangun langsung menghadap laut. Sembari berbaring di kasur nan empuk, para tamu bisa menikmati deburan ombak pesisir dan menyaksikan matahari tenggelam. Kasur juga dilengkapi kelambu dan tirai bambu, menjadikan pengalaman menginap di resor ini menjadi semakin berkesan. Tepat di seberang Pulau Macan, sebuah pulau kecil berpasir putih akan memanjakan tamu yang senang berjemur.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, pihak resor membangun pengolahan limbah untuk dijadikan pupuk organik bagi kebun mereka. Listrik di pulau ini bersumber dari panel tenaga surya yang dipasang dekat dermaga. Terdapat pula program transplantasi karang.

Fasilitas yang bisa dinikmati saat tamu menginap di resor ini antara lain The Club House di mana para tamu bisa bermain biliar, membaca aneka macam buku, serta menonton berbagai film. Adapun kamar yang tersedia bagi para tamu yakni sunset hut, island hut, driftwood hut, tropical forest and bambu, red brick east west, eco cabin east west, dan island tenda.

Harga yang ditawarkan mulai Rp1.252.000 untuk paket dua hari satu malam, sudah termasuk kapal pergi-pulang dari Marina ke Pulau Macan, makan selama di pulau, penggunaan fasilitas olahraga di darat maupun di laut, dan kontribusi untuk transplantasi karang serta penanaman bakau.  

(Yunaidi/National Geographic Traveler Indonesia) Salah satu kamar di Isle East Indies Resort
Isle East Indies Resort

Terletak di Pulau Kaliage Kecil, resor ini menjadi salah satu rekomendasi akomodasi terbaik yang ada di Kepulauan Seribu. Resor seluas satu hektare ini dikelilingi laut nan jernih serta pantai berpasir lembut. Sangat cocok untuk berbulan madu ataupun berlibur bersama keluarga dan sahabat. Pohon nan rindang juga menambah suasana asri di daratan pulaunya.

Resor ini memiliki empat kamar dengan desain yang mengedepankan unsur tradisional Indonesia. Bangunan Main Joglo berupa rumah kayu nan megah ini mengedepankan arsitektur Jawa berpadu gaya kolonial. Di bangunan ini terdapat dua kamar tidur: Sentong Wetan dan Sentong Kulon yang kesemuanya mengedepankan unsur tradisional, seperti ukiran, tenun tradisional, serta pintu bergaya kolonial.

Selain Main Joglo, terdapat pula The Malay House bergaya melayu. Bangunan dari kayu jati ini mengedepankan kesan alami. Beberapa jendela kecil sengaja dibangun untuk memberikan kenyamanan dan nuansa menyatu dengan alam bagi para tamu. Tepat di depan bangunan, hamparan pasir lembut dan laut nan jernih bisa dinikmati sembari menunggu senja. Ada pula Lumbung House bergaya Bali. Para tamu akan menginap di atas bangunan setinggi tiga meter, tentu saja pemandangan utama dari tempat ini panorama bahari nan jernih.

Aneka aktivitas seperti snorkeling, kayaking, bodyboarding, hingga diving bisa dilakukan di pulau ini. Kepedulian Isle East Indies Resort dalam menjaga lingkungan pulaunya menjadi salah satu daya pikat dari resor ini. Di sekeliling pulau, aneka terumbu karang nan cantik akan memanjakan mata para tamu jika melakukan snorkeling di sisi bagian timur.

Isle East Indies Resort bertarif 1.950 dolar AS per malam untuk delapan orang tamu. Harga ini sudah termasuk transportasi pergi-pulang dari Dermaga Marina Ancol ke Pulau Kaliage Kecil. Termasuk pula sarapan pagi, makan siang, dan makan malam dengan menu yang bisa dipesan sesuai permintaan tamu.  

(Yunaidi/National Geographic Traveler Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com