Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Pakaian Bebas Kusut Tanpa Disetrika

Kompas.com - 29/11/2014, 18:03 WIB
KOMPAS.com - Ada metode mudah yang dapat membuat pakaian rapi tanpa kusut dalam waktu singkat ini juga tampaknya wajib Anda coba saat bepergian. Berikut tips membuat pakaian bebas kusut tanpa disetrika.

1. Ratakan Pakaian dengan Handuk Basah
Anda dapat mencoba trik sederhana ini, bahkan ketika Anda sedang tak ada di rumah. Untuk hasil terbaik, baringkan pakaian kusut Anda di atas permukaan datar, lalu letakkan handuk yang agak basah (lembap) di atasnya. Tekan-tekan permukaan handuk untuk mengurangi kusut pada pakaian. Selanjutnya, biarkan pakaian benar-benar kering sebelum dipakai.

2. Gunakan Alat Pengering Rambut!
Sejauh ini, metode ini lah yang paling mudah dilakukan, apalagi alat pengering rambut biasanya akan selalu ada di dalam kamar pribadi di rumah atau pun saat Anda harus menginap di hotel. Caranya pun sangat mudah, tinggal lakukan tiga langkah mudah berikut. Gantung pakaian kusut Anda, ambil jarak sekitar 3-5 centimeter antara pakaian dengan alat pengering rambut, lalu keringkan pakaian hingga kusutnya hilang.

3. Gantung Pakaian di Kamar Mandi
Metode ini mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama dibandingkan metode lain, namun dianggap paling populer dan efektif sebagai alternatif lain untuk menyetrika. Pertama, tutup seluruh jendela kamar mandi dan pintu untuk mencegah udara masuk, lalu gantungkan pakaian kusut Anda di dalam kamar mandi. Pastikan pakaian Anda jauh dari cipratan air dari pancuran. Usahakan Anda mandi menggunakan air panas, hingga uapnya memenuhi ruang kamar mandi. Percayalah, uap air akan menghilangkan kusut pada pakaian Anda!

4. Gunakan Botol Semprot (Spray)
Gantung pakaian Anda di ruang terbuka, ambil jarak sekitar 30 centimeter antara pakaian dengan botol semprot berisi air. Selanjutnya, semprot bagian pakaian yang paling kusut. Oh ya, Anda dapat menambahkan sedikit pelembut atau pewangi kain ke dalam campuran airnya. Nah, kusut pada pakaian pun akan menghilang seiring pakaian mengering.

5. Gunakan Uap dari Ketel (Teko) Air
Metode ini mirip dengan metode menggantung pakaian di dalam kamar mandi tertutup, namun lebih efektif digunakan untuk pakaian yang berukuran kecil dan dengan tingkat kusut yang ringan. Sambil memanaskan air untuk menyeduh kopi atau teh, siapkan pakaian kusut Anda. Saat ujung teko atau ketel mengeluarkan uap air, dekatkan pakaian ke bagian uap yang mengepul hingga kusutnya hilang.

Intan Y. Septiani/WhoWhatWear

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com