Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Festival Gotrasawala 2014 Hampir Rampung

Kompas.com - 02/12/2014, 16:43 WIB
Kontributor KompasTV, Muhamad Syahri Romdhon

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com – Festival Gotrasawala 2014 yang akan dihadiri seniman dan budayawan nasional hingga internasional, akan berlangsung di Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (3/12/2014) hingga Sabtu (6/12/2014). Panitia memastikan persiapan sudah matang dan 90 persen lagi rampung.
 
“Hingga hari ini, persiapan sudah mencapai 90 persen lebih. Kami targetkan seluruh persiapan di beberapa tempat selesaikan malam ini,” kata Franki Raden, Director Gotrasawala 2014, saat jumpa Pers di Gedung Negara Badan Koordinasi Wilayah III Cirebon, di Kecamatan Kejaksan, Selasa (2/12/2014).

Franki bersama seluruh rekan panitia bergerak cepat untuk dapat menyelenggarakan Festival Gotrasawala 2014 sebaik mungkin. Festival bertaraf internasional ini berlangsung di beberapa titik, antara lain, sepanjang Jalan protokol Siliwangi Kota Cirebon, Alun-Alun Kota Cirebon, Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, dan juga beberapa tempat lain.
 

KOMPAS.COM/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Franki Raden, Director Festival Gotrasawala 2014
Menurut Franki, festival seni dan kebudayaan yang berbobot dan sangat berkualitas tersebut berupaya untuk mengeskpos produk seni budaya Jawa Barat di dunia internasional, dalam rangka persaingan merebut pasar ekonomi kreatif yang sangat besar di era global.
 
“Dan Jawa Barat memiliki ragam budaya yang sangat kaya sehingga bisa menjadi semacam culture capital yang memiliki nial jual tinggi,” kata Franki.
 
Cirebon menjadi tuan rumah Festival Gotrasawala, lantaran hanya Cirebon yang memiliki sejarah Gotrasawala dari kreasi Pangeran Wangsakerta di abad ke 17. Oleh sebab itu, lanjut Franki, pihaknya membuka seluas mungkin kepada seniman dan warga Kota Cirebon untuk memanfaatkan Festival Gotrasawala 2014 sebaik mungkin.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov Jawa Barat akan kembali menggelar acara bertaraf internasional Gotrasawala II di Cirebon, Jawa Barat pada 3-6 Desember 2014. Tahun ini kegiatan tersebut mengangkat tema 'Revisiting Cirebon In The 17th Century'.

KOMPAS.COM/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Festival Gotrasawala 2014 di Cirebon, Jawa Barat, berlangsung Rabu (3/12/2014) hingga Sabtu (6/12/2014).
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, festival ini akan menghadirkan seniman-seniman asal Jawa Barat dan mancanegara. "Seniman Jawa Barat akan berkolaborasi dengan seniman dunia, di antaranya, seniman dari Asia, Eropa, Amerika, dan ada banyak lagi. Mereka akan berkolaborasi dalam bermusik, tari dan teater," kata Deddy di Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/11/2014) malam.

Menurut Deddy, 'Revisiting Cirebon in the 17th Century' dipilih menjadi tema Gotrasawala di Cirebon karena untuk mengenang konferensi internasional Gotrasawala di Kesultanan Cirebon pada abad ke 17. "Saat itu (abad ke 17), Cirebon menjadi tuan rumah, seniman, budayawan dan sejarawan dari berbagai negara. Orang berdatangan ke Cirebon di abad 17. Cirebon menjadi pusat peradaban yang sangat penting waktu itu, makanya sekarang kita kenang kembali, Gotrasawala di Cirebon," tambah Deddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com