Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Cecer, Pusat Tarian Caci dan Kerangkuk Alu di Flores

Kompas.com - 05/12/2014, 10:23 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

KAMPUNG Cecer, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur yang terletak di kawasan bentang alam Mbeliling sebagai pusat atraksi budaya. Pusat budaya Tarian Caci dan Kerangkuk Alu ada di kampung tersebut. Keunikan Tarian Caci dan Kerangkuk Alu sangat memikat turis asing dan domestik.

Bahkan, Kampung Cecer memikat Pangeran Denmark untuk menyaksikan atraksi unik tarian khas Manggarai Raya. Kampung Cecer yang terletak dibawah Gunung Mbeliling sudah sangat terkenal di seluruh dunia dengan berbagai atraksi budaya yang unik.

Di Kampung ini, wisatawan dapat menyaksikan pementasan Tarian Caci, Tarian Ndundu Ndake yang sudah masuk Rekor Muri 2012 dengan menampilkan 1.000 penari di Lapangan Upacara Labuan Bajo dan juga tarian Kerangkuk Alu.

Tarian Kerangkuk Alu merupakan tarian adu ketangkasan saat menari sambil melompat di tengah-tengah dua buah kayu bulat sambil digoyang oleh para penari lainnya. Jikalau penari salah melompat maka tulang kering bisa patah terkena gesekan kayu bulat yang secara terus menerus digoyangkan. Hanya kaum perempuan dan kaum laki-laki yang terlatih dapat melewati lubang kecil di tengah dua kayu yang dipegang pada penari.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Turis Denmark mencoba Tarian Kerangkuk Alu di Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Tarian Kerangkuk Alu ini yang selalu diminati wisatawan asing dan domestik untuk ikut menari sambil menguji ketangkasan dalam melompat.

Tarian Kerangkuk Alu sangat berbeda dengan Tarian Ndundu Ndake. Biasanya Tarian Kerangkuk Alu ditampilkan pada malam hari saat bulan terang. Tapi, akhir-akhir ini tarian ini selalu dipentaskan kepada tamu asing dan kunjungan para menteri di wilayah Manggarai Barat.

Tarian Kerangkuk Alu dipentaskan oleh kaum laki-laki dan kaum perempuan sementara Tarian Ndundu Ndake hanya dipentaskan oleh kaum perempuan.

Satu-satunya kampung di Kabupaten Manggarai Barat yang terletak  di bukit menjadi pusat atraksi budaya di Manggarai Barat adalah Kampung Cecer. Selama ini turis asing dan domestik yang secara rombongan berkunjung ke Taman Nasional Komodo juga memiliki paket perjalanan wisata ke Kampung Cecer.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Para pemukul gong mengiringi Tarian Caci di Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Pada biro perjalanan di Kota Labuan Bajo, di Pulau Bali, bahkan di kalender event internasional selalu menawarkan paket wisata ke Kampung Cecer untuk menyaksikan berbagai atraksi budaya yang masih asli.

Turis asing dari berbagai negara serta wisatawan domestik memiliki perjalanan wisata utama ke Taman Nasional Komodo. Turis ke Taman Nasional Komodo untuk melihat dari dekat binatang Komodo yang sudah masuk dalam tujuh keajaiban dunia baru. Selain itu, turis ke Taman Nasional Komodo untuk menyelam melihat keunikan dan keindahan bawah laut yang sudah sangat terkenal. Tercatat pada peta pariwisata Kabupaten Manggarai Barat ada 13 dive operator yang selalu melayani wisata bawah laut di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Pada September 2013 lalu diselenggarakan puncak Sail Komodo di Pantai Pede, Kota Labuan Bajo. Bukan hanya Taman Nasional Komodo yang diminati wisatawan yang berkunjung ke Manggarai Barat, ternyata wisata budaya dan alam juga sangat diminati wisatawan. Wisata budaya itu dapat ditemukan di Kampung Cecer, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Turis Denmark dengan selendang songke di Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Selain potensi wisata budaya yang sudah terkenal di dunia luar, Kampung Cecer juga mengembangkan potensi lokal serta kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dilakukan kaum perempuan adalah menenun songke dan memintal benang wol menjadi kain songke. Kain songke selalu dipakai oleh kaum perempuan pada berbagai acara di kampung. Agak berbeda dengan kaum laki-laki yang selalu memakai celana panjang.

Kerajinan tangan yang dilakukan kaum perempuan di Kampung Cecer adalah menganyam tikar dari daun pandan. Anyaman tikar berwarna warni dibuat oleh kaum perempuan pada malam hari pada waktu senggang. Kaum perempuan memiliki pekerjaan utama adalah sebagai petani, sedangkan menganyam tikar dan menenun adalaah pekerjaan sampingan.

Kampung Cecer juga terkenal dengan penghasilan kopi Arabika. Selama ini kopi Arabika selalu menguntungkan para tengkulak.

Untuk itu didampingi oleh Yayasan Burung Indonesia, warga masyarakat di Kampung Cecer membentuk kelompok. Dan pada 2013 kelompok ini menghasilkan produk kopi lokal yang sering di sebut Kopi Tuk Bambam. Bambam adalah kependekan dari Bentang Alam Mbeliling. Kopi ini diolah secara tradisional tanpa menggunakan mesin pengolah kopi. Tepung kopi ditumbuk oleh kaum perempuan dalam kelompok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com