Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Ikan Segar untuk Dibakar di Pantai Anyer

Kompas.com - 27/12/2014, 16:09 WIB
MASIH bingung ke mana menghabiskan malam tahun baru 2015? Cobalah untuk menikmati acara bakar-bakar ikan seru di Pantai, Anyer, Banten.

Tapi sebelum acara bakar-bakar ikan dimulai, Anda bisa menyewa vila atau homestay yang bertebaran di sepanjang pinggiran Pantai Anyer. Setelah itu, baru berburu ikan-ikan segar untuk dibakar-bakar di vila tempat bermalam.

Lokasi berburu ikan segara yang pas adalah di Pasar Ikan Carita, Anyer, persisnya di Jalan Raya Carita di Kilometer 7. Uniknya di pasar ini, semua jenis ikan dibanderol sama yakni Rp 60.000 per kilo. Mulai dari ikan kerapu, ikan kakap, bawal, ikan kue, dan macam-macam lainnya semua serba Rp 60.000 per kilo.

Harga yang beda hanya cumi dan udang. Termahal Rp 120.000, ada yang Rp 80.000, dan juga termurah Rp 60.000, tergantung ukuran cumi dan udang. Kok mahal?

"Iya, Mas. Biasalah kalau lagi Natal dan tahun baru, harga ikan di sini selalu naik," kata seorang pedagang di Pasar Ikan Carita, Selasa malam (24/11/2014).

Tapi, jangan asal sambar saja dalam memilih ikan segar untuk dibakar. Ada trik khusus memilih ikan yang asyik untuk dibakar. Berikut beberapa tips memilih ikan segar yang masih sehat konsumsi:

- Perhatikan sirip ikan. Kalau warnanya masih merah segar, berarti dia belum lama ditangkap dari laut. Kualitas dagingnya benar-benar masih segar dan sehat.

- Tekan bagian badannya. Kalau badannya masih terasa kenyal, padat, dan lentur, berarti ikan masih sehat konsumsi. Tapi kalau terasa lembek dan kurang elastis, berarti kurang layak konsumsi.

- Perhatikan mata ikan. Kalau warnanya kecoklatan atau abu-abu, berarti kualitas ikan kurang bagus. Kalau masih merah, berarti kualitas ikan masih baik. (Yulis Sulistyawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com