Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Sikunir dan "Sunrise" Terbaik di Jateng

Kompas.com - 29/12/2014, 10:39 WIB
GUNUNG Sindara yang biasa disebut Sindoro merupakan gunung yang mempunyai tinggi 3.150 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan sebuah gunung volkano yang masih aktif yang terletak di Jawa Tengah, sangat dekat dengan Temanggung sebagai kota terdekat.

Gunung Sindara terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Deretan gunung berapi yang cantik ini kita bisa menikmatinya di Bukit Sikunir Dieng. Ya di sini lah spot yang paling baik untuk menikmati keindahan volcano aktif ini secara keseluruhan. Untuk mencapai Bukit Sikunir Dieng kita harus menyusuri dan mendaki jalan setapak selama 1,5 sampai 2 jam di waktu subuh.

Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang.

BARRY KUSUMA Gunung Sindoro di Jawa Tengah.
Bisa dikatakan view terbaik untuk menikmati sunrise di Dieng adalah di Gunung Sikunir ini. Gunung Sikunir mungkin tidak sepopuler Gunung Merapi di Yogyakarta atau Gunung Bromo di Tengger. Gunung ini adalah salah satu gunung yang mengelilingi Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut.

Di sini kita bisa melihat keindahan Gunung Sindoro, Slamet dan barisan gunung lainnya. Lokasi
ini terletak 8 kilometer dari Dieng dan untuk menuju gunung ini adalah dengan mendaki start mulai dari jam 4 pagi.

Dalam perjalanan sangat diperlukan senter sebagai penerangan, jaket dan kondisi fisik yang kuat. Umumnya untuk mendaki gunung ini memakan waktu 45 menit dan paling lama 1 jam.

BARRY KUSUMA Bukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah.
Perlu diingat di sini di ketinggian 2.300 meter dari permukaan laut, udara tipis, sehingga akan membuat napas kita tersengal saat mendaki. Cobalah untuk mengatur pernapasan anda melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut secara teratur.

Sebuah danau hijau kecil yang terletak di bagian bawah Gunung Sikunir, di lokasi Telaga Cebong ini sebenarnya adalah tempat parkir kita menuju Gunung Sikunir. Kalau kita tiba saat subuh maka danau ini tidak terlihat. Tetapi setelah menuruni Gunung Sikunir, dari jauh mulai tampak keindahan Telaga Cebong ini. Konon danau ini dinamakan Telaga Cebong karena ada banyak kecebong di danau dan juga ada yang melihat telaga ini mirip berbentuk cebong.

Selain itu pemandangan sekitar telaga ini juga sangat indah. Di sisi lain dari danau ada sebuah desa bernama Sembungan. Ini merupakan desa yang tertinggi di Jawa dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan air laut.

BARRY KUSUMA Menikmati 'sunrise' di Puncak Bukit Sikunir, Jawa Tengah.
Saat tiba di puncak Gunung Sikunir, siap-siaplah menatap pemandangan yang sangat mengagumkan. Anda dapat melihat kabut mengelilingi gunung. Bila cuaca jelas, Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi dan Ungaran akan dilihat dari Sikunir. Semakin pagi kabut semakin menghilang dan detail jelas Gunung Sindoro membuat berdecak kagum wisatawan maupun fotografer. Perjalanan yang lumayan berat di pagi hari terbayar sudah menikmati keindahan pagi di Sikunir... (BARRY KUSUMA)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com