Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus A380 Etihad Terbang Perdana ke London

Kompas.com - 29/12/2014, 16:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Etihad Airways, maskapai penerbangan nasional dari Uni Emirat Arab, meluncurkan layanan A380 pertama ke London Heathrow, Sabtu (27/12/2014).

Pesawat dua tingkat itu mulai beroperasi pada EY11, salah satu dari tiga layanan harian di London Heathrow. Berangkat pada pukul 02.35 dini hari dan mendarat di Heatrow, salah satu bandara tersibuk di dunia pada pukul 06.35 pagi. Pada bulan Agustus 2015, semua penerbangan Etihad Airways rute Abu Dhabi-London akan menggunakan A380.

Etihad Airways memperkenalkan A380 kepada 200 media di Abu Dhabi pada Kamis (18/12/2014) lalu, setelah mendapat kiriman pesawat tersebut dari Airbus di Hamburg.

Penumpang yang terbang dengan penerbangan perdana akan diberikan sertifikat partisipasi sekaligus sampul paspor dan penanda bagasi. Penumpang juga akan diberikan akses wi-fi gratis dan pihak maskapai penerbangan akan mengadakan aktivitas di media sosial selama penerbangan berlangsung.

James Hogan, Presiden dan Chief Executive Officer dari Etihad Airways mengatakan respons dari para pelaku perjalanan udara terhadap pesawat A380 terbaru Etihad, terutama kamar penthouse The Residence by Etihad benar-benar luar biasa. "Kami sangat senang dapat memperkenalkan pesawat ini di layanan komersial," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/12/2014).

“Minggu lalu pengujian dan persiapan final untuk penerbangan perdana bersejarah ke London Heathrow ini telah berhasil dilakukan dan kami menantikan kesempatan untuk menyambut para penumpang di pesawat A380 kami di Bandara Abu Dhabi,” sambungnya.

The Residence by Etihad yang berada di bagian depan atas pesawat adalah kabin tiga ruangan yakni ruang duduk, kamar mandi, dan kamar tidur yang menawarkan kemewahan dan privasi yang selama ini diasosiasikan dengan perjalanan dengan jet pribadi.

ARSIP ETIHAD AIRWAYS Airbus A380 Etihad Airways.
Pesawat A380 juga menawarkan layanan First Apartments, yakni kamar pribadi dengan kursi santai (reclining lounge) dan tempat tidur ukuran penuh terpisah, serta mini-bar dingin, unit rias dan lemari pribadi.

Total 70 Business Studios terletak di bagian atas dek A380 semua menawarkan akses lorong dan tempat tidur datar ukuran penuh sepanjang 80,5 inci. Bagian atas dek A380 dialokasikan untuk kabin premium.

The Econonomy Smart Seat juga pertama kali diluncurkan di A380 dan telah berhasil meningkatkan kenyamanan dengan sandaran kepala fixed wing yang unik di setiap tempat duduk. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com