Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Buku Panduan Lengkap Restoran Halal di Korea Telah Terbit

Kompas.com - 01/01/2015, 16:08 WIB
KOMPAS.com - Walaupun terjadi peningkatan jumlah kunjungan turis Muslim ke Korea Selatan, namun mencari restoran halal di Korea Selatan merupakan tantangan tersendiri bagi wisatawan Muslim.

Nah, kabar gembira untuk turis Muslim yang akan berkunjung ke Korea Selatan. Sebab, Korea Tourism Organization meluncurkan buku panduan mengenai restoran yang ramah untuk turis Muslim. Buku ini akan membantu turis Muslim mencari makanan halal dengan lebih mudah.

The Korea Tourism Organization Sampul buku “Muslim-Friendly Restaurants in Korea.”
Buku berjudul "Muslim Friendly Restaurants in Korea"  baru tersedia dalam Bahasa Inggris dan berisi 118 restoran. Restoran-restoran ini dibagi ke dalam lima kategori berdasarkan tingkat "keramahan" restoran ini pada pengunjung muslim.

Kelima kategori tersebut adalah restoran yang bersertifikasi halal, restoran yang mengklaim menggunakan bahan halal namun belum mendapatkan sertifikasi halal, restoran yang menyediakan makanan halal namun masih menyediakan alkohol, restoran yang terbuka untuk Muslim atau restoran yang biasa menyediakan makanan vegetarian, dan restoran yang bebas dari kandungan babi.

Restoran bersertifikasi halal telah memenuhi kriteria halal dari Korea Muslim Federation (KMF), sebuah organisasi Islam yang berdiri pada tahun 1967. KMF memberikan sertifikasi kepada restoran yang sudah bisa memenuhi aturan ketat mengenai makanan halal.

"Makanan halal merupakan salah satu faktor penting bagi turis Muslim saat mereka memutuskan destinasi wisata. Buku panduan ini akan membantu mereka menemukan restoran halal saat mereka melancong ke Korea Selatan," kata Jeong Ki-jeong, director of the Asia Middle East team of the Korea Tourism Organization.

Dalam buku panduan juga terdapat restoran Korea yang tidak menyajikan daging, terutama babi, dan alkohol. Mereka hanya menyediakan menu sayuran saja, makanan berbahan laut, atau makanan berbahan sayuran dan bahan laut, serta makanan berbahan dasar daging bukan babi.

Dalam buku juga terdapat ulasan para Muslim yang tinggal di Korea Selatan, termasuk Duta Besar Oman untuk Korea, mahasiswa dan ekspatriat Muslim, serta informasi tempat membeli produk-produk halal.

Turis Muslim dari Asia seperti Malaysia dan Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar wisatawan mancanegara yang datang ke Korea Selatan di tahun ini. Versi online dari buku panduan ini juga akan tersedia di bulan Januari 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com