Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Berperan Penting Promosikan Pariwisata

Kompas.com - 02/01/2015, 13:29 WIB
BIAK, KOMPAS.com - Keberadaan media cetak dan elektronik sangat berperan nyata mempromosikan program pariwisata daerah hingga ke mancanegara. "Saya mengajak media cetak dan elektronik ikut mendorong serta membantu mempromosikan berbagai obyek wisata sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah ini pada tahun 2015," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Biak Numfor, Yubelius Usior, di Biak, Papua, Rabu (31/12/2014).

Dalam perbincangan tentang pariwisata menyongsong akhir tahun 2014, Yubelius mengemukakan bahwa peningkatan kunjungan wisatawan ke suatu daerah tidak terlepas peran media massa yang banyak memberitakan kekayaan alam obyek wisata daerah.

Biak yang memiliki potensi obyek wisata alam bahari, budaya, dan wisata sejarah Perang Dunia II, menurut Yubelius, sangat menarik bagi wisatawan sehingga perlu terus-menerus menyebarluaskannya kepada turis di berbagai belahan dunia.

Menyinggung data kunjungan wisatawan ke Biak pada tahun 2014, Yubeliius memaparkan, berdasarkan data tercatat ratusan turis dari luar negeri dan paling dominan wisatawan dari Jepang, Korea, serta negara Eropa lainnya.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pulau Rurbas kecil di gugusan Pulau Padaido, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (5/7/2012). Gugusan pulau Padaido merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Di gugusan kepulauan ini terdapat puluhan titik selam dengan keindahan terumbu karang dan ratusan spesies ikan.
Yubelius berharap agenda wisata khas Biak "Munara Wampasi" pada tahun 2015 akan mampu menarik minat kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke wilayah itu. "Agenda pariwisata daerah pada tahun 2015 yang sudah diprogramkan perlu mendapat dukungan berbagai elemen masyarakat sehingga kunjungan turis kian meningkat pada tahun mendatang," ujarnya.

Berdasarkan data hingga 2014 obyek wisata yang berpotensi dikunjungi di Biak, di antaranya wisata bahari di taman laut Kepulauan Padaido/Aimando, obyek wisata Goa Jepang, Monumen Perang Dunia II di Desa Anggraidi/Momer serta berbagai lokasi wisata pantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com