Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Annisa Hertami: Museum dan Batik

Kompas.com - 05/01/2015, 16:44 WIB
PEMAIN Film Annisa Hertami Kusumastuti (25) menghabiskan waktu liburan akhir tahun dengan mengantarkan saudara-saudaranya berkeliling museum di DI Yogyakarta. Annisa, yang bermukim di Yogyakarta, bisa jadi pemandu wisata yang baik untuk mencari jalan di ”Kota Gudeg” yang makin macet itu.

”Kemarin ada saudara yang datang dari Surabaya yang pengen jalan-jalan ke museum. Seru banget, kami ke Museum Affandi, Museum Sasmitaloka Panglima Besar Sudirman, dan Museum Ullen Sentalu,” kata Annisa, pekan lalu.

Museum Affandi jadi tempat paling berkesan bagi Annisa. ”Dulu waktu SMP sudah pernah ke sana, belum banyak yang berubah. Saya suka sekali artistik bangunan dan koleksi lukisannya,” ujar pemain film Soegija dan Jokowi ini.

Seusai berlibur, memasuki 2015, Annisa sedang mempersiapkan peluncuran clothing line yang menyediakan baju batik untuk kaum muda. Annisa mendesain sendiri produknya di bawah bendera ”nemt” yang berasal dari bahasa Azerbaijan yang berarti ’berkah’.

”Saya ingin mengedukasi masyarakat soal beragam corak batik. Dalam packaging setiap produk ada sedikit penjelasan mengenai coraknya. Pengennya, sih, membuat batik asli Nusantara, tapi sementara ini masih mengeksplor batik Pulau Jawa. Masih kecil-kecilan, kok, dan ditawarkan melalui media sosial,” ujar finalis Putra Putri Batik Nusantara 2014, Oktober lalu. (SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com