Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stres dengan Selatan Bali yang Ramai? Yuk, ke Gili Trawangan

Kompas.com - 08/01/2015, 15:07 WIB
Callista Oktavia Lembing

Penulis

KOMPAS.com - Bebas dari polusi dan keramaian kendaraan, air laut sejernih kristal, dan pasir putih yang bersih. Inilah ciri khas dari Pulau Gili Trawangan. Gili Trawangan terletak di barat laut dari Pulau Lombok dan masuk dalam Kabupaten Lombok Utara.

Satu-satunya transportasi ke Pulau Gili adalah melalui jalur laut. Jika naik speedboat dari Teluk Kodek di Pulau Lombok, perjalanan laut sekitar 10 menit. Ke Gili Trawangan juga bisa melalui Bali, yaitu naik fastboat dari Padangbai di Karangasem, Bali. Maka tak heran banyak turis dari Bali memilih untuk pelesiran di Gili Trawangan.

Di Gili Trawangan tidak ada motor ataupun mobil. Tenang saja, Anda tak harus bersusah payah menarik koper dari pelabuhan ke tempat menginap. Sebab, ada cidomo di pulau ini.

Cidomo merupakan satu-satunya transportasi di pulau ini. Seperti delman, cidomo adalah kereta yang ditarik oleh seekor kuda. Alternatif lain jika Anda ingin mengelilingi Gili Trawangan adalah dengan mengendarai sepeda. Namun berhati-hatilah karena sepeda dan pasir bukanlah kombinasi yang baik.

Di Gili Trawangan ada banyak sekali aktivitas-aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Anda bisa naik kuda mengelilingi pulau. Atau, jika ingin lebih murah bisa sewa sepeda dan pergi ke pusat keramaian Gili Trawangan di sisi timur pulau untuk mencari makan. Bisa juga sekedar mengelilingi pulau dengan bersepeda.
 

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Gili Trawangan, Lombok, NTB.
Aktivitas lain yang patut dan harus dilakukan adalah snorkling dan diving di Gili Indah. Gili Indah terdiri dari tiga pulau yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Air laut di Gili Indah begitu biru. Apalagi di tengah terik matahari, air laut seakan menggiurkan ingin segera diselami. Air laut ini begitu jernih sehingga kedalaman 10 sampai 15 meter pun masih dapat terlihat dengan jelas.

Malam di Gili Trawangan bisa begitu gelap dan sepi, terutama di sisi-sisi pulau seperti barat dan utara pulau. Namun tidak usah khawatir karena pulau ini sangat aman dan setiap orang saling menjaga satu sama lainnya.

Apabila Anda ingin mencari kesenangan di malam hari, Anda bisa pergi ke timur Gili Trawangan. Di sini, Anda dapat menemukan bermacam-macam restoran, umumnya restoran seafood, yang terletak di pinggir pantai. Ada pula toko-toko suvenir yang menarik. Tetapi hati-hati, sekali ke Gili Trawangan, dijamin Anda ingin datang lagi. Siap terpincut keelokan Gili Trawangan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com