Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakatobi Tetap Fokus pada Pariwisata dan Perikanan

Kompas.com - 10/01/2015, 11:09 WIB
KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi Sulawesi Tenggara, tetap fokus pada sektor pariwisata dan perikanan dalam program pembangunan 2015. "Kami tetap fokus pada sektor pariwisata dan perikanan karena kedua sektor itu potensinya cukup besar di Wakatobi," kata Bupati Wakatobi, Hugua di Kendari, Jumat (9/1/2015).

Menurut dia, dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata di Wakatobi, pihaknya telah merampungkan penyediaan beberapa sarana, antara lain terminal di Bandara Matahora, Dermaga Marina (pelabuhan khusus kapal pesiar) dan dermaga di Pelabuhan Panggulubelo sehingga bisa disandari kapal-kapal milik PT Pelni.

Selain itu, kata dia, Pemkab Wakatobi juga mendorong para pengusaha lokal, nasional maupun internasional, membangun hotel dan restoran yang representatif di Wakatobi. "Saat ini, sudah ada dua perusahaan perhotelan internasional yang sedang membangun hotel bintang lima di Wakatobi," katanya.

Sebagai bupati, Hugua menargetkan kunjungan wisatawan ke kabupaten itu tahun 2015 sebanyak 17.000 orang. Penetapan target tersebut karena melihat tren jumlah wisatawan yang ke Wakatobi terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Awal Bandara Matahora beroperasi melayani penerbangan Wakatobi-Kendari tahun 2009, jumlah kunjungan wisata di Wakatobi hanya kurang lebih 1.500 orang," katanya.

Tahun 2014 jumlah kunjungan wisatawan ke Wakatobi diperkirakan sudah mencapai 15.000 orang. "Dengan berbagai upaya promosi yang kita lakukan, kita optimistis bisa mencapai target kunjungan wisata sebanyak 17.000 orang itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com