Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlengkapan Khusus Perempuan yang Harus Disiapkan Saat Liburan

Kompas.com - 15/01/2015, 13:30 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Suatu malam sebelum tidur di tengah perjalanan liburan di Essaura, salah satu kota kecil di Maroko. Tak terduga, tamu yang selalu ditunggu itu pun datang. Seperti orang lagi jatuh cinta, "Sejuta rasanya" kalau kata Titik Puspa. Tak terduga juga, ternyata pembalut yang disangka masih ada ternyata sudah habis.


Wah, badan rasanya lemas dan kaget tak karuan. Mau ke toko sudah pada tutup. Maklum namanya kota kecil, jam 8 malam sudah sepi dan gelap. Beruntung ada turis perempuan lain yang mau membantu memberikan pembalutnya. Kisah ini adalah sepenggal pengalaman saya sebagai perempuan yang hobi jalan-jalan.

Pelajaran berharga yang bisa dipetik adalah sebagai perempuan, saat di perjalanan, kita harus mempersiapkan segala kebutuhan pribadi tanpa tergantung kepada orang lain. Jangan berharap dimengerti atau tergantung pada bantuan orang lain. Kenapa? Karena segala sesuatu bisa terjadi saat di perjalanan. Selain itu, perempuan adalah makhluk unik yang diciptakan Tuhan yang memiliki kebutuhan tersendiri.

Berikut beberapa kebutuhan perempuan yang harus dipersiapkan saat di perjalanan:

1. Pembalut

Walau perhitungan waktunya, datang bulan tidak akan datang saat di perjalanan, tak ada salah mempersiapkan pembalut. Tak usah banyak-banyak, misalnya 2 atau 3 pembalut.

Sebenarnya pembalut adalah barang yang selalu tersedia di mana saja. Namun, terkadang kita terdesak situasi, malam hari misalnya. Termasuk terdesak waktu.

Selain itu, patut juga diperhitungkan kalau kita punya kulit yang sensitif. Ada baiknya lebih baik membawa pembalut yang biasa kita pakai.

2. Tisu pembersih

Kebersihan organ intim adalah hal penting dalam perjalanan. Seringnya kita akan menemukan toilet atau air yang kotor. Bukan itu saja, keringat dan debu saat di perjalanan juga memengaruhi kondisi organ intim kita.

Jadi persiapkan barang kebutuhan pribadi sesuai selera dan kebutuhan. Minimal tisu kering. Bila mau, persiapkan juga tisu basah khusus perempuan, sabun feminin, termasuk tisu khusus pembersih toilet.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Turis di Maroko.

Tisu kering juga bisa berguna untuk keperluan lainnya. Misalnya untuk mengelap keringat, tangan, atau membersihkan barang lainnya.

3. PMS

Persiapkan Post Menstruensi Syndrom atau PMS sesuai kebutuhan masing-masing. Baik mental maupun asupan nutrisi bila dibutuhkan. Di perjalanan, saat PMS atau sedang datang bulan, setidaknya badan pasti akan lebih cepat lelah. Jadi, jangan terlalu ambisius mendatangi semua tempat wisata sesuai jadwal.

Bisa juga minum suplemen penambah tenaga. Bila biasa terasa sakit, persiapkan obat yang biasa diminum.

Bagusnya adalah jangan terlalu ngoyo atau memaksakan diri. Tak ada salahnya mengorbankan waktu sesaat demi menjaga stamina dan  suasana hati agar tetap gembira saat liburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com