Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali dan Raja Ampat, Destinasi Wisata Favorit di Indonesia

Kompas.com - 16/01/2015, 13:45 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com– Indonesia kaya akan destinasi wisata, hanya saja untuk kategori favorit masih dapat dihitung dengan jari. Sebut saja Bali dan Lombok. Dari tahun ke tahun, dua destinasi ini terus ramai peminat. Tapi hamper 2 tahun ke belakang, tren mulai berkembang. Kini, Raja Ampat sudah dapat dikategorikan juga sebagai destinasi favorit di Indonesia.

“Dilihat dari Astindo Fair yang kami selenggarakan tiap tahunnya, dua kota ini masih terus menjadi favorit. Pembelian tiket atau pun paket perjalanan ke sana terus meningkat,” ungkap Ketua Umum Astindo, Elly Hutabarat saat konferensi pers Astindo Fair 2015 di Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Pada dasarnya menurut Elly, banyaknya peminat yang ingin datang ke dua kota tersebut (Bali dan Raja Ampat) karena kemasan wisata yang disediakan selalu tampak menarik. “Kalau Bali sudah dari dulu, tiap orang dari dalam ataupun mancanegara pasti ingin kembali ke Bali. Tren baru ialah Raja Ampat yang menyusul di beberapa tahun belakangan ini,” tambahnya.

KOMPAS IMAGES/DINO OKTAVIANO Turis dan monyet di Pura Uluwatu, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (13/12/2014).

Tapi walaupun begitu, bukan berarti destinasi wisata lainnya tenggelam. Tren yang berkembang dan  menjadikan banyak anak muda Indonesia berwisata, kini mulai menggiring mereka untuk mengeksplorasi keindahan alam Indonesia tak hanya di dua kota tersebut. Selain Raja Ampat, orang juga sudah mulai melirik Wakatobi, sehingga tidak menutup kemungkinan destinasi wisata lain akan menjadi populer.

“Kalau saat ini kenapa Raja Ampat mulai menyusul Bali jadi destinasi favorit, itu juga karena sudah dibukanya rute Garuda ke Sorong, Papua. Tapi yang datang ke sana masih didominasi ekspatriat, mungkin karena tiket maskapai yang lebih mahal,” kata Elly.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com