Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disbudpar Kota Bogor Bentuk Badan Promosi Pariwisata

Kompas.com - 19/01/2015, 15:04 WIB
BOGOR, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Jawa Barat, membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah yang bertugas mempromosikan potensi wisata yang ada di kota tersebut.

"BPPD sudah resmi berdiri sejak akhir 2014 lalu, ini merupakan badan non-instansi pemerintah yang bertugas membantu mempromosikan Kota Bogor," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Shahlan Rasyidi di Bogor, Minggu (18/1/2015).

Ia mengatakan, pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Bogor telah dilantik oleh Disbudpar, yang dipimpin oleh Bagus Karyanegara, seorang budayawan Bogor.

Menurut Shahlan, keberadaan BPPD dimaksudkan untuk membantu Pemerintah Kota Bogor dan menjadi mitra bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mempromosikan Kota Hujan kepada masyarakat luas.

"Ini merupakan salah satu upaya kita dalam menyiasati penurunan omzet industri perhotelan dengan adanya kebijakan larangan rapat di hotel bagi instansi pemerintah," katanya.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Dapur Warung Toge Goreng Haji Omah di Bogor.
Disbudpar mencatat terhitung sejak 12 November hingga 15 Desember 2014, pendapatan industri perhotelan di Kota Bogor mengalami penurunan sampai Rp 48 miliar.

BPPD diharapkan dapat bekerja maksimal mempromosikan Kota Bogor, baik secara visual maupun menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mengundang masyarakat berwisata ke Kota Sejuta Taman ini.

"Meski dari sisi perhotelan mengalami penurunan omzet karena berkurangnya kegiatan rapat pemerintahan, tetapi kita masih memiliki potensi setiap akhir pekan, kunjungan wisata masyarakat tetap tinggi," katanya.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Arak-arakan peserta Karnaval Cap Go Meh 2565 melewati Jalan Surya Kencana, Bogor, Jumat (14/2/2014). Cap Go Meh menandai akhir perayaan Tahun Baru Imlek.
Shahlan melanjutkan, dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan wisata di Kota Bogor baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional, dapat mengundang pengunjung untuk berwisata di Kota Hujan.

"Dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan berskala internasional yang rutin digelar setiap tahunnya yakni Parade Cap Go Meh. Kita akan kemas acara ini agar lebih terlaksana dengan baik," katanya.

Festival Cap Go Meh akan digelar pada bulan Februari 2015 dan akan melibatkan ratusan peserta dari berbagai wilayah di Kota maupun Kabupaten Bogor yang akan menampilkan pertunjukan seni serta budaya khas Tiongkok dan Sunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com