Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menginap di Hotel IKEA

Kompas.com - 26/01/2015, 17:08 WIB
IKEA, produsen furnitur dunia, lahir di sebuah kota kecil bernama Älmhult, Småland, Swedia. Kota inilah yang disebut sebagai jantungnya IKEA, di mana pusat bisnisnya dijalankan. Dan di kota inilah terletak Värdshuset, IKEA Hotell & Restaurang.

Hotel IKEA ini tidak besar. Bangunan yang didirikan pada 1964 ini terdiri dari 3 lantai. Bentuk bangunannya pun sederhana, berupa kotak dengan jendela-jendela berderet. Dinding luarnya dicat krem dengan aksen warna dari kusen jendela merah dan biru. Renovasi terakhir terhadap hotel IKEA ini dilakukan pada 2007.

IKEA Hotell & Restaurang Värdshuset Area restoran di IKEA Hotell & Restaurang Värdshuset
Namun menginap di sini menjadi istimewa karena seluruh perabot di sini tentu buatan IKEA, yang sudah terkenal di seluruh dunia. Mulai dari lobi, restoran, hingga ke kamar dan kamar mandi, mudah dikenali produk-produk IKEA yang sudah dipasarkan di 345 tokonya di seluruh dunia.

Yang menarik, nilai-nilai yang ada pada produk IKEA—yaitu mengutamakan fungsi, kualitas, dan harga murah—tercermin pada pengelolaan dan desain interior hotel ini. Kamar bertipe single room, misalnya, memiliki perabot berupa lemari pakaian dan ranjang ukuran queen size. Sebuah meja panjang menempel di dinding berjendela lebar, dilengkapi sebuah kursi dan perangkat televisi.  

Artwork dindingnya berupa foto tanaman. Demikian juga wallpaper di ruang makan hotel ini yang bermotif ilustrasi tanaman. Mungkin ini sekaligus sebagai penanda bahwa Älmhult juga merupakan kota kelahiran Carl von Linne (Carolus Linnaeus), penemu sistem penamaan botani.

Di hotel IKEA ini tidak ditawarkan kemewahan yang berlebihan, karena tujuan hotel ini didirikan untuk menampung relasi atau karyawan IKEA yang sedang melakukan perjalanan bisnis ke Älmhult. Karena itu, hotel IKEA ini dilengkapi dengan wifi dan ruangan untuk rapat yang mampu menampung 40 orang. Yang lebih penting, jarak hotel dengan kantor-kantor IKEA di Älmhult cukup ditempuh dengan 10-15 menit berjalan kaki.

Tertarik menginap di hotel ini? Anda perlu merogoh kocek mulai dari 795 krona Swedia atau sekitar Rp 1,1 juta per malam untuk tipe single room. Tarif tersebut sudah termasuk sarapan. Namun untuk akhir pekan, tarif kamar malah lebih murah yaitu 595 krona Swedia.

(Fransisca Wungu Prasasti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com