Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Pantai Pasir Putih Terpanjang di Manggarai Timur

Kompas.com - 28/01/2015, 12:08 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

SELAMA ini wisatawan mancanegara (wisman) hanya mengenal dan berwisata ke pasir putih di dalam Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Memang terkenalnya pantai pasir putih dan pantai pink di Manggarai Barat dipengaruhi promosi yang secara terus menerus dilakukan wisatawan asing yang sudah berwisata ke pantai tersebut.

Tak kalah dengan pasir putih dan pantai pink di Manggarai Barat, wilayah selatan dari Kabupaten Manggarai Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Ngada menyimpan keindahan-keindahan alam yang belum dipromosikan secara luas di internet maupun berbagai majalah wisata.

Dan Kompas.com merupakan satu-satunya media online yang selalu menggali dan berwisata di tempat-tempat terunik di wilayah Kabupaten Manggarai Timur.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai pasir putih terpanjang di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.
Minggu, 25 Januari 2015, Jam 11.00 Wita, Kompas.com diajak oleh Pegawai Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, di antaranya Ibu Maria Daflora Echo, Sergi, Gusti bersama keluarga mereka berwisata ke pantai Pasir Putih terpanjang di selatan Manggarai Timur. Tepatnya di sebelah Padang Sabana Mausui.

Gara-gara tulisan Kompas.com yang mempublikasikan pertama kali keindahan Padang Sabana Mausui serta pasir putih, pegawai dari Kantor Kecamatan Kota Komba sudah merencanakan beberapa hari lalu untuk berwisata di Pantai Pasir Putih yang sangat indah.

“Kami sudah membaca di Kompas.com tentang informasi keindahan alam di Padang Sabana Mausui dan Pantai Pasir Putih terpanjang di wilayah selatan Manggarai Timur. Kami sudah sepakat untuk berwisata bersama keluarga di pantai itu sambil berenang dan menyusuri pantai tersebut, Minggu (25/1/2015). Kami menghabiskan waktu liburan pada hari Minggu di Pantai Pasir Putih yang selalu diceritakan oleh warga serta informasi di media masa membuat kami penasaran untuk berwisata ke pantai tersebut," kata Maria.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai pasir putih terpanjang di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.
"Kami sangat senang dan puas dengan keindahan alam dan pantai yang masih asli di Manggarai Timur. Ini merupakan aset wisata yang terindah. Kami baru pertama kali berwisata di pantai ini serta di Padang Sabana Mausui yang terdapat ratusan kerbau, kuda dan sapi yang dilepasliarkan oleh warga masyarakat dari Kampung Lekolembo. Kami akan menginformasikan kepada sahabat dan rekan kerja untuk mengunjungi pantai yang terpanjang di bagian selatan ini,” sambung Sergi.

Sedang Gusti menjelaskan, pantai pasir putih terpanjang ini bisa sampai di lokasi Bandara Udara di Tanjung Bendera yang sedang direncanakan, juga sampai di Nangarawa, Desa Bamo dan pantai serta padang sabana Bondei di Kisol, Kelurahan Tanah Rata. Apabila jalan raya sudah diaspal semua maka bisa sampai di Borong melalui pesisir selatan Manggarai Timur.

“saat ini orang beramai-ramai berwisata ke Padang Sabana Mausui dan Pantai pasir putih terpanjang di wilayah selatan Manggarai Timur dampak dari jalan masuk ke Padang Sabana Mausui yang sudah diaspal sepanjang 3 kilometer,” jelasnya.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Bersantai di pantai pasir putih, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.
Dari kejauhan deburan ombak Pantai Pasir Putih di bawah Padang Sabana Mausui terdengar membuat wisatawan lokal dan mancanegara terus penasaran untuk menginjak kaki di pantai tersebut.

Pasir Putih Terpanjang

Setelah menyusuri Padang Sabana Mausui yang terbesar dan terluas di Pulau Flores, NTT, kami menuruni jalan bebatuan sampai di pinggir Pantai Pasir Putih tersebut. Untuk jalan menurun, wisatawan harus berhati-hati karena jalannya kurang baik.

Setiba di pinggir pantai, rombongan dari Kantor Kecamatan Kota Komba beristirahat di bawah pohon ketapang sambil merentangkan tikar untuk bersantai. Setelah itu, rombongan bersantai sambil mengeluarkan makanan berupa nasih ketupat yang terbuat dari daun kelapa dan daun bambu.

Yang lain menyiapkan makanan, sementara anak-anak mulai bergegas untuk bermain di pasir putih sambail berenang.

KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Bermain di pantai pasir putih, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.
“Kami menghabiskan waktu lima jam di pantai pasir putih tersebut sambil mengagumi keindahan Pantai tersebut yang selama ini masih tersembunyi. Akhir-akhir ini warga dari berbagai tempat seperti dari Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur, dari Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada serta Manggarai Raya terus menghabiskan waktu liburan mereka pada Sabtu dan Minggu sementara sesekali kami melihat turis berwisata ke Padang Sabana Mausui,” ujar mereka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com