Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Imlek, Parade Barongsai di Monumen Bajra Sandhi Denpasar

Kompas.com - 01/02/2015, 20:21 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Dalam rangka perayaan Imlek 2366/2015, keluarga besar Perhimpunan Indonesia-Tionghoa (INTI) Provinsi Bali menggelar acara Parade Barongsai di Monumen Bajra Sandhi, Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar. Parade Barongsai diakui untuk pertama kalinya dalam menyambut Imlek.

"Ini dalam rangka menyambut perayaan Imlek. Kami keluarga besar Indonesia-Tionghoa menggelar Parade Barongsai untuk pertama kalinya. Kami berharap acara ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya," kata koordinator acara Parade Barongsai, Made Hadi Saputra, di Denpasar, Minggu (1/2/2015).

Made Hadi juga menyampaikan bahwa tema yang diusung pada Parade Barongsai tahun ini adalah "Berlandaskan Kejujuran, Hidup Sederhana, Saling Mengasihi Menuju Keharmonisan Berbangsa". Parade diikuti oleh 9 grup termasuk satu grup undangan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Total pemain berjumlah 217 orang.

"Tujuannya untuk memperkuat akar budaya kita, mempersatukan generasi muda kita. Kami juga kedatangan satu grup dari Makassar yang berpartisipasi dalam acara ini," katanya.

Made Hadi menjelaskan atraksi barongsai ini mengelilingi Monumen Bajra Sandhi dengan disertai atraksi. Yang menarik, parade barongsai mendapat kehormatan dengan penampilan Barong Bali yang selama ini disakralkan. Hal ini yang menguatkan tradisi Tiongkok di Bali berdampingan harmonis dengan segala kelebihan masing-masing karya seni budaya. Acara dihadiri oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com