Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Dapatkan "Upgrade" Hotel

Kompas.com - 03/02/2015, 17:07 WIB
Callista Oktavia Lembing

Penulis

ADA banyak cara untuk mendapatkan kamar premium dengan mudah dan tanpa biaya ekstra. Seringkali dengan beberapa trik, kepintaran emosional, dan keberuntunganmu. Inilah beberapa saran untuk para wisatawan yang mengincar upgrade hotel.

1. Memesan di low-season

Pintar dengan memilih tanggal, waktu, dan kamar akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan upgrade, tanpa harus melakukan apa-apa. Pilihlah pemesanan kamar di musim sepi kunjungan ketika mayoritas kamar akan kosong. Perlu diingat, hotel seringkali penuh di saat akhir pekan, apalagi ketika ada acara besar dan konser.

Waktu ideal untuk sampai di hotel adalah sekitar jam tiga dan lima sore, ketika resepsionis mengetahui kamar-kamar yang akan kosong untuk malam itu. Sehingga Anda akan memiliki kemungkinan besar untuk dipindahkan ke kamar yang lebih superior.

2. Gunakan sopan santun Anda

Sopan santun dan senyuman Anda akan membuat Anda beruntung juga meninggikan kesempatan Anda untuk mendapatkan bantuan dari orang lain. Sapalah orang-orang hotel ketika Anda sampai dan gunakan pesona Anda. Buat diri Anda berbeda dari tamu-tamu lain.

Resepsionis hotel berurusan dengan wisatawan dan tamu-tamu setiap hari. Sehingga menjadi orang yang bisa membuat mereka senang dan bangga akan memenangkan Anda poin-poin yang bagus.

Bergabungah dengan program loyalitas

Mungkin sopan santun tidak akan terus bekerja, jadi terkadang semua turun ke status Anda sebagai pelanggan. Kebanyakan hotel akan memberikan kelebihan kepada pelanggan setia. Jadi dengan bergabung dengan program loyalitas dan berlangganan newsletter hotel dapat membuat Anda mendapatkan upgrade kamar.

Utarakan acara spesial Anda

Pelan-pelan katakan acara spesial Anda seperti ulang tahun, pernikahan, atau bulan madu ke dalam percakapan. Jangan secara langsung, dengan begini tim hotel akan merasa bahwa Anda benar-benar seorang tamu yang perlu mereka bantu dan mereka akan lebih mau untuk menambahkan sesuatu untuk membuat Anda senang.

Lebih loyal dengan sering-sering menginap dan mengulas hotel.

Terkadang semua jatuh dengan siapa diri Anda. Ketika Anda sering menginap di suatu hotel maka Anda akan lebih kenal dengan resepsionis hotel. Data diri Anda juga akan ada di sistem, sehingga mereka tahu kapan terakhir kalinya Anda menginap.

Untuk lebih memastikan lagi, kenalanlah dengan satu atau dua resepsionis hotel, atau lebih baik lagi dengan manajer hotel. Degan begini Anda pasti diingat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com