Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beragam Wisata Bahari di Filipina

Kompas.com - 05/02/2015, 09:04 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Filipina bersama Indonesia dan Papua Nugini masuk dalam kawasan coral reef triangle. Tak heran kekayaan laut di kawasan ini sangat beragam. Menurut Director of Market Development Group dari Philippines Department of Tourism (PDOT), Maria Corazon G. Jorda Apo, Filipina berbeda dengan Indonesia dan Papua Nugini yang sebagian wilayahnya masuk coral reef triangle.

"Seluruh kawasan Filipina masuk dalam coral reef triangle," katanya saat peluncuran "Visit Philippines Year 2015" di Jakarta, Selasa (3/2/2015) malam.

Oleh karena itu, ada beragam aktivitas wisata bahari yang bisa dilakukan di Filipina. Misalnya, ungkap Maria, di Donsol dan Cebu, turis bisa berenang bersama hiu paus (whale shark).

Cebu, lanjut Maria, memang terkenal sebagai salah satu titik menyelam di dunia. Selain juga Cebu penghasil gitar yang diekspor ke mancanegara.

Keunikan bahari dari Filipina lainnya adalah Boracay, yang diusung sebagai pulau pesta 24 jam. Ada pula, Puerto Princesa di Palawan. "Di sini ada sungai di dalam goa, underground river. Sungai semacam ini banyak di dunia. Tapi uniknya di sini dan jarang ada, sungainya mengalir ke laut," jelas Maria.

Dalam kampanye "Visit Philippines Year 2015", pihak PDOT ingin makin memperluas promosi destinasi-destinasi wisata di Filipina. Salah satunya kampanye bahwa Filipina tidak hanya tentang Manila.

Filipina merupakan negara kepulauan bersejarah, jadi penuh dengan pantai cantik dan gereja bersejarah. Misalnya di Cebu, Borocay, Davao, dan Bohol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com