Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arief Yahya: Target 10 Juta Wisman untuk 2015

Kompas.com - 05/02/2015, 10:16 WIB
Rachmat Ogie Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah kenaikan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 7,2 persen di tahun 2014, Kementerian Pariwisata akan meningkatkan target wisman ke Indonesia sebesar 20 juta pengunjung di tahun 2019. Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada saat jumpa pers, di Balairung Soesilo Soedirman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (4/2/2015).

"Tahun 2015 kita menargetkan 10 juta wisman, kemudian meningkat menjadi 20 juta pada 2019," kata Arief. Hal ini dilakukan karena melihat perkembangan peningkatan jumlah wisatawan dunia yang melanglang buana.

"Bila tahun ini kita mulai mencapai 1 juta wisman setiap bulan, tiga tahun mendatang menjadi 1,6 juta per bulan tidak akan terlalu sulit," tambah Arief.

Menurut data United Nations World Tourism Organization (UN-WTO) jumlah wisatawan dunia pada 2014 sebanyak 1,136 miliar, sedangkan yang berkunjung ke Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 9,43 juta wisman.

Dengan pembangunan dan persiapan perencanaan pengembangan sektor pariwisata, Arief optimistis akan bisa mencapai target tersebut dalam kurun waktu yang pas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com