Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Penyumbang Wisman Terbanyak

Kompas.com - 05/02/2015, 11:31 WIB
Rachmat Ogie Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Tahun 2014 kita berhasil menarik kunjungan wisman Tiongkok sebanyak 959.231 orang, sedangkan pasarnya sangat besar," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya pada jumpa pers, Selasa (4/2/2015) di Balairung Soesilo Soedirman, Jakarta.

Kunjungan wisman dari Tiongkok telah menjadi penyumbang terbesar pada pencapaian target 10 juta wisman di Indonesia tahun 2014. Hal ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sebesar 28,25 persen.

Kunjungan tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Kemenpar untuk menarik target 2 juta pengunjung dari Tiongkok tahun 2015. "Saat ini yang ada di benak masyarakat Tiongkok adalah libur ke Bali. Ini menjadi peluang sekaligus tantangan untuk melakukan promosi digital," ujarnya.

Kenaikan jumlah wisman yang datang ke Indonesia, tambah Arief, adalah karena gencarnya promosi oleh daerah serta diperkuat upaya promosi yang dilakukan Kemenpar khususnya dalam tiga bulan terakhir, antara lain mendorong penerbangan langsung dari kota-kota sumber wisman di Tiongkok ke destinasi unggulan di Indonesia. Selain itu Kemenpar juga memfasilitasi para pelaku charter flight dari Tiongkok ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com