Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Pendakian ke Gunung Guntur dan Papandayan Ditutup

Kompas.com - 06/02/2015, 18:01 WIB
GARUT, KOMPAS.com - BKSDA Jawa Barat menutup jalur pendakian ke Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. Kebijakan ini diambil untuk mencegah terjadinya hal yang tak diharapkan menyusul kondisi cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini melanda Garut.

Kabid Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan penutupan jalur pendakian menuju dua gunung api aktif ini ditetapkan melalui melalui surat nomor S. 189/BBKSDA.JABAR-5/2015 tertanggal 29 Januari 2015. Dalam surat tersebut diterangkan, penutupan berlangsung selama 2 bulan mulai 2 Februari 2015 hingga 31 Maret 2015.

"Karena cuaca cukup ekstrim, jalur pendakian ke dua gunung itu ditutup oleh BKSDA," kata Tubagus, Senin (2/2/2015).

Penutupan jalur pendakian ini didahului dengan kejadian tersambarnya enam pendaki asal Depok dan Jakarta oleh petir di Gunung Guntur beberapa hari lalu. Mereka berhasil lolos dari maut walaupun harus dijemput tim penyelamat.

Seluruh kecamatan di kawasan selatan Kabupaten Garut pun disiagakan untuk mewaspadai ancaman longsor, pergetakan tanah, ombak besar, dan banjir bandang. Warga di perkotaan dan utara Garut pun diimbau waspada angin kencang dan lainnya akibat serangan cuaca ekstrim pada Februari 2015.

Tubagus, mengatakan menghadapi cuaca ekstrim yang diperkirakan terjadi selama 2015, pihaknya menyiagakan posko siaga bencana di setiap kecamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com