Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia Es Krim Kelapa Gentong

Kompas.com - 07/02/2015, 18:08 WIB
SETIAP orang pasti memiliki kisah nostalgia tersendiri. Terutama ketika jauh dari tanah kelahiran dan atau orang yang kita kasihi, hal yang sering membangkitkan memori adalah makanan.

Demikian juga dengan saya, ada banyak sekali kisah nostalgia yang terbangun dari aroma dan rasa buah buahan. Es Krim Gentong menjadi perantara saya menikmati setiap suap ingatan akan masa lalu. Berikut cerita saya bersama Ice Cream Gentong.

Tanpa sengaja siang itu, saya memesan Kelapa Batok Ice Cream. Entah kenapa, begitu mencium aroma batok yang berisi kelapa muda yang lembut dan menyuap es krim rasa kelapa di dalamnya, air mata saya serasa ingin menetes. Tiba-tiba saya teringat pada kisah saat mudik ke Tuban. Saat itu saya bermain bersama keluarga besar di Laut Tuban. Dan suasana itu terasa sangat emosional karena kami semua bahagia.

Kini, duduk di Gerai Es Krim Gentong. Membuat saya teringat kembali peristiwa indah tersebut melalui rasa kelapa yang sangat asli. Es krimnya lembut dengan sentuhan kasar parutan kelapa yang eksotis. Benar benar sensasi yang tak terlupakan.

Catur Guna Yuyun Ang Menu es krim kopi di Kedai Ice Cream Gentong
Dalam batok tersebut ada dua rasa. Saya meminta rasa kacang merah. Rasa kacang merah yang langsung lumer di mulut, lembut, dan gurih susu yang menawan. Tak ingin melewatkan informasi, saya pun bertanya, “Ini kok es krimnya segarnya beda ya,Pak”, “Oh, ya mungkin karena kita memakai susu sapi asli. Bukan susu kemasan”, kata seorang petugas operasional yang kala itu sedang bertugas.

Menu Es Teler ini begitu menggoda saya. Karena es teler ini berisi es krim alpukat dan nangka. Es krim ini benar-benar rasa Alpukat! Lembut dan hampa menjadi satu dalam mulut. Sementara es krim ini rasa nangka kentara sekali. Bahkan saat makan, benar-benar ada buah nangka pada tiap suapnya.

Menu lain adalah rasa kopi. Wow, ini benar benar kopi yang dibuat es krim. Rasa kopinya benar-benar menohok. Untuk pecinta kopi, inilah kopi siang hari kalian. Kopi untuk melepaskan penat setelah tersiram panasnya matahari Jakarta.

Mau mencicipi? Silahkan datang ke Kedai Gentong Ice Cream di Jalan Boulevard Raya Blok FY 1/14, Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Catur Guna Yuyun Ang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com