Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berwisata ke Pulau Pombo

Kompas.com - 10/02/2015, 12:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Maluku merupakan salah satu provinsi di daerah timur Indonesia yang mulai dilirik wisatawan. Hampir semua jenis wisata terdapat di daerah yang dijuluki dengan ungkapan Ambon Manise ini. Misalnya saja wisatawan yang gemar naik gunung dapat mendaki Gunung Binaiya, Salahutu, dan Salamoni. Kalau senang wisata kuliner, dapat mencoba ikan asar, ikan kuah kuning, dan papeda.

Destinasi yang tidak kalah menariknya adalah wisata bahari. Karena Provinsi Maluku terbagi-bagi terbagi-bagi ke beberapa pulau, maka sepanjang batas daratan dan laut terdapat pantai. Rata-rata pantai di Maluku berpasir putih. Salah satunya yaitu Pantai Pulau Pombo. Pulau ini termasuk ke dalam kawasan konservasi dan sumber daya alam dengan kategori kawasan suaka alam. Pulau Pombo dapat dijangkau dari Pelabuhan Tulehu atau Desa Waai menggunakan speedboat atau perahu katingting. 

Nah, Anda dapat mengunjungi pulau yang terkenal dengan burung pombo ini setelah mendapatkan izin dari Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam Provinsi Maluku. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika berkunjung ke pulau ini

Bawa air minum bersih

Pulau Pombo merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Selat Haruku. Di sana tidak ada sumber air bersih. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, Anda harus membawa persediaan air bersih untuk minum. Sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda menginap, sebaiknya Anda membawa 4-5 botol per orang.

Persiapkan makanan

Jangan berharap ada yang menjajakan makanan di sini. Anda harus membawa bahan makanan jika ingin memasak layaknya berkemah di gunung. Jangan lupa perhatikan gizi makanan yang seimbang. Supaya liburan Anda tidak terganggu dengan perut yang lapar.

Bawa obat-obatan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu pepatah bunyinya. Obat-obatan seperti obat merah, kain kassa, kapas, obat mual, pusing, dan perlengkapan medis lainnya baiknya Anda persiapkan. Bawalah obat-obatan pribadi jika memiliki riwayat penyakit khusus. Dari Pulau Pombo, jika ingin menuju rumah sakit, masih harus menempuh jarak sekitar 30 km.

Alat dasar selam

Pulau Pombo memiliki air laut yang sangat jernih. Di bawahnya terdapat karang-karang yang merupakan tempat hidup ikan hias. Anda dapat menyelam di sekitar laguna yang mengelilingi Pulau Pombo. Bawalah alat dasar selam seperti fin (kaki katak), masker, snorkel, dan pelampung jika tidak dapat berenang. Kemudian bersiaplah memasuki dunia bawah laut yang indah.

Peralatan kemah

Selain menyelam, di Pulau Pombo Anda dapat juga berkemah di pinggir pantai. Jangan lupa bawa peralatan berkemah seperti tenda, fly sheet, kompor kecil, gas kecil, tali rafia, matras, hammock, dan peralatan makan. Pilihlah tempat kemah yang agak jauh dari garis pantai. Itu kalau Anda tidak ingin kebasahan karena air laut pasang.

Pakaian ganti

Setelah puas bermain air, sudah pasti baju dan celana Anda basah. Bawalah pakaian ganti secukupnya. Jangan lupa juga membawa handuk untuk mengeringkan badan. Usahakan Anda beristirahat dengan keadaan kering. Di pulau ini angin bertiup cukup kencang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com