Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Festival Durian 2015 Segera Dibuka...

Kompas.com - 11/02/2015, 14:39 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Bagi Anda penyuka buah durian, anda harus siap-siap menikmati segala macam jenis durian sepuasnya. Di Kota Semarang, pemerintah daerah setempat meluncurkan kegiatan festival durian yang dipusatkan di sentra durian, Kecamatan Mijen. Festival durian ini akan dibuka untuk umum pada 6-8 Maret 2015 di lapangan Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen.

Pengunjung dari berbagai wilayah dipersilakan untuk menikmati durian yang disajikan. Pemerintah setempat juga akan menggelar serangkaian kegiatan dalam Festival Durian 2015 tersebut.

Menurut Camat Mijen, Ali Muhtar, buah durian yang nantinya ditawarkan dalam festival adalah jenis durian yang biasa dihasilkan dari pemilik pohon di Kawasan Mijen. Pihaknya juga tidak menutup kemungkinan jika ada varietas durian lain dari luar daerah ikut dijual dalam area festival.

“Kami agendakan tiga hari. Hari pertama, nanti ada lomba komoditas lima jenis buah, durian; salak; manggis; duku; dan alpukat yang berasal dari kabupaten/kota di Jawa Tengah. Kemudian hari kedua, baru lomba makan durian sepuasnya,” kata Ali kepada Kompas.com, Rabu (11/2/2015).

Selain berpuas mencicipi aneka durian, panitia setempat juga membuka lomba memamerkan buah durian terbesar, dan durian terberat. Dia kemudian meminta kepada petani durian, jika mempunyai besar dan berat bisa diikutkan dalam festival durian.

Masih kata Ali Muhtar, masyarakat yang hendak ingin mengikuti Festival Durian harus terlebih dulu mendaftar di Dinas Pertanian Kota Semarang dan Kantor Kecamatan Mijen. Pihaknya telah menyebar brosur dan pengumuman ke sejumlah tempat strategis terkait partisipasi masyarakat. “Tahun pertama kemarin atensinya besar. Semoga tahun ini lebih sukses. Cukup daftar dengan membayar Rp 50.000 bisa menikmati sepuasnya makan durian,” tambah Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com