Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2015, 20:35 WIB
KOMPAS.com - Kapal membelah lautan biru dengan gugusan pulau hijau. Seakan membuai mata. Lalu memulai petualangan "berburu" si binatang purba nan eksotis, komodo. Lanjutkan dengan menyelami lautan dan merasakan hangatnya mentari di pantai cantik berpasir merah jambu. Sebuah gambaran perjalanan ke Taman Nasional Komodo yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Beberapa tahun belakangan, Pulau Komodo menjadi destinasi wisata impian banyak orang. Tak hanya turis domestik, tetapi juga turis asing. Di kawasan Taman Nasional Komodo ada banyak pulau yang bisa disambangi. Tambahan lagi lautnya pun cocok untuk aneka aktivitas seperti menyelam, snorkling, atau sekedar berenang santai. Selain tentu saja kegiatan menjelajahi Pulau Komodo untuk bertemu komodo merupakan hal wajib yang harus dilakukan.

Ada banyak cara untuk menjelajahi kawasan Taman Nasional Komodo. Salah satunya dengan naik kapal pinisi yang mewah. Kini, ada banyak kapal pinisi yang beroperasi di Taman Nasional Komodo. Beberapa kapal ini menawarkan pengalaman yang mewah nan mengesankan. Biasanya kapal berangkat dari pelabuhan di Labuan Bajo dan berakhir di pelabuhan yang sama.

Uniknya, tamu tidak bermalam di hotel, melainkan menginap di dalam  pinisi. Tetapi jangan salah sangka, kapal pinisi berlayar ini begitu mewah. Kabin tempat menginap layaknya hotel bintang lima. Pun makanan yang disajikan untuk tamu.

Salah satu operator kapal pinisi adalah Plataran Komodo Phinisi Vessels. Plataran memiliki empat kapal. Namun seperti diungkapkan Fati dari Plataran Komodo Phinisi Vessels, tahun ini Plataran hanya mengoperasikan tiga kapal di Labuan Bajo, yaitu Phinisi Bali, Ambasi, dan Felicia.

"Phinisi Bali yang paling kecil, hanya ada 1 kabin yang di dalamnya ada 6 tempat tidur, dilengkapi AC, dan kamar mandi di luar kabin," kata Fati.

Untuk menyewa Phinisi Bali, biaya yang dikenakan 1.200 dollar AS per malam, dengan minimun keberangkatan empat orang. Harga tersebut untuk paket tiga hari dua malam. Biaya sudah termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan kopi atau teh di sore hari. Juga termasuk pemandu wisata dan peralatan snorkling.

Dok. Plataran Plataran Felicia
"Bedanya kalau Ambasi lebih besar, ada 4 kabin dan muat sampai 8 orang. Kamar mandi ada di masing-masing kabin. Kalau Felicia yang paling besar, ada 6 kabin, dan private kamar mandi di dalam kabin," jelas Fati.

Harganya tentu beda, untuk Ambasi minimal keberangkatan enam orang dengan harga 800 dollar AS per orang untuk tiga hari dua malam. Sementara kapal Felicia dengan harga 900 dollar AS per orang untuk tiga hari dua malam, dengan minimal keberangkatan enam orang. Semua kapal memiliki fasilitas sundeck.

Fati mengakui selama ini pemesanan paling banyak adalah carter. Sebagian tamunya adalah keluarga dengan anak, pasangan, maupun kelompok pertemanan. Hanya saja, lanjut Fati, tamu lebih banyak turis asing dibanding turis domestik.

"Turis domestik paling hanya 10 persen. Tapi selalu ada," katanya.

Seperti apa perjalanan dengan pinisi ini? Untuk paket tiga hari dua malam, tamu akan diajak trekking untuk melihat komodo di Pulau Rinca pada hari pertama. Lalu dilanjutkan snorkling di tengah laut. Malamnya kapal berlayar ke Pulau Kalong untuk melihat aktivitas kelelawar.

Di hari kedua, perjalanan ke Pulau Komodo, kembali untuk trekking melihat komodo. Kemudian snorkling di Pink Beach, sebuah pantai dengan pasir berwarna merah jambu. Jika waktu memungkinkan, kapal berlayar ke Manta Point dan Pulau Kanawa untuk snorkling.

Alila Purnama Alila Purnama
Termewah di dunia

Selain Plataran, operator kapal pinisi mewah lainnya adalah Alila Purnama. Merek Alila sendiri sebuah jaminan mutu pelayanan nan mewah. Ibarat resor mewah terapung, Alila Purnama bahkan disebut oleh CNN sebagai "World's most luxurious 'dragon' hunt" atau berburu 'naga' paling mewah di dunia.

Di Alila Purnama terdapat empat kamar tipe suite. Salah satu kamarnya memiliki panorama 180 derajat. Tambahan dengan balkon pribadi. Fasilitas di dalam kapal sangat mewah, mulai dari sundeck, perpustakaan, lounge, bar, sampai area makan. Bahkan kapal dilengkapi fasilitas akses WIFI.

Kapal ini bisa memuat hingga 30 orang. Selain itu, tamu juga bisa memanfaatkan fasilitas untuk watersports seperti peralatan snorkling sampai menyelam. Tamu juga bisa memilih paket perjalanan mulai dari empat malam untuk mengunjungi banyak pulau. Aktivitas yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yoga, kayak, mengunjungi pulau, trekking bertemu komodo, sampai piknik di tepi pantai.

Terdengar sebuah pengalaman mewah nan menjanjikan? Siap-siap rogoh kocek mulai dari 10.999,80 dollar AS (++) per malam untuk 10 orang, dengan minimun empat malam. Dengan harga tersebut sudah termasuk aneka aktivitas air tak terbatas dan tur darat. Tahun ini, Alila Purnama berlayar pada 3 Mei sampai 26 September 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com