Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya Pariwisata Jadi Penghasil Devisa Andalan Indonesia

Kompas.com - 17/02/2015, 12:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pemerintah kembali mengukuhkan pariwisata sebagai sektor andalan dengan menjadi sektor terdepan untuk penghasil devisa Indonesia. Hal tersebut ditetapkan pada rapat terbatas khusus pariwisata di Istana Kepresidenan, Bogor, Senin, (16/02/2015) dan disampaikan pada pembukaan Musyawarah Nasional Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Selasa, (17/02/2015).

"Imbas dari penetapan tersebut, ketika satu daerah ditetapkan menjadi daerah strategis nasional, sektor terkait akan mendukung rencana itu misalnya Kementerian Pekerjaan Umum akan membenahi infrastruktur jalan," ungkapnya.

Ia menambahkan Indonesia sebenarnya mempunyai keunggulan dari segi destinasi wisata, harga pariwisata yang kompetitif, dan prioritas pariwisata. Sementara di sisi lain, Arief mengungkapkan berdasarkan data "Travel and Tourism Competitive Index" yang disusun oleh World Economic Forum, Indonesia berada di rangking 70 dari 140 negara.

"Kita akan membenahi kekurangan pariwisata seperti infrastruktur pariwisata, teknologi dan informasi pariwisata, dan kehigienisan" tambahnya.

Hal ini, lanjutnya, menjadi tantangan terbesar. Pihaknya berharap pariwisata Indonesia akan tumbuh pesat dan menjadi industri andalan Indonesia selain industri minyak, gas bumi, dan kelapa sawit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com