Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips untuk Pencinta Kuliner Cokelat

Kompas.com - 21/02/2015, 16:46 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuliner cokelat mempunyai banyak penggemar yang cukup banyak. Hampir semua kalangan menyukai kuliner yang terbuat dari olahan biji kakao ini. Dengan variasi bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat menawarkan satu sensasi nikmat ketika meleleh di lidah.

Andy Van den Broeck yang juga Cholatier dari The Chocolate School by Tulip membagikan beberapa tips untuk para pencinta kuliner cokelat

Lihat Bahan Baku

Cokelat yang beredar di Indonesia ada dua jenis. Salah satunya yang terbanyak adalah cokelat compound, yang berbahan dasar bubuk kakao, lemak kelapa sawit, dan gula. Cokelat asli terbuat lemak kakao. Cara terbaik untuk membedakan cokelat compound dan cokelat asli adalah melihat bahan-bahan pembuat cokelat yang tertera di bagian belakang kemasan. Jika Anda menemukan tulisan “Cocoa mass” dan “cocoa butter”, berarti itulah cokelat yang asli.

Jangan Takut Mencoba

Tidak perlu untuk mencoba mencicipi cokelat dalam jumlah banyak, cukup sepotong kecil cokelat dan rasakan. Jika Anda tidak belum menemukan rasa yang enak, jangan takut mencoba. Ketika mencoba terus, Anda akan menemukan rasa yang paling disukai. Anda kadang akan terkejut dengan aroma yang berbeda dari para pembuat cokelat, tempat yang berbeda, merek yang berbeda, dan kombinasi rasa yang berbeda.

Bagikan Pengalaman

Ketika Anda mencoba mencicipi cokelat dan orang lain juga ikut mencoba, Anda pasti akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam hal rasa. Dengan ada perbedaan tersebut, mulailah perbincangan dengan rekan Anda tentang pengalaman merasakan cokelat. Bertukar pengetahuan tentang pengalaman merasakan cokelat akan mengasah intuisi dalam menentukan cokelat kesukaan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com