Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali, Tren Destinasi Pernikahan Warga Jakarta

Kompas.com - 26/02/2015, 20:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Bali sejak lama menjadi destinasi pernikahan terutama wisatawan asal Australia dan Jepang. Namun beberapa tahun belakangan wisatawan domestik juga semakin banyak yang menyelenggarakan pernikahan di Bali.

"Terutama orang Jakarta. Sedang ada tren di kalangan orang Jakarta, mereka mengadakan dua kali perayaan pernikahan. Pertama di Jakarta yang sifatnya lebih formal dan untuk relasi orang tua. Yang keduanya baru di Bali yang lebih santai dan untuk tamu-tamu dekat dan kalangan muda," tutur General Manager The Ritz-Carlton Bali Karim Tayach saat ditemui di Jakarta, Rabu (25/2/2015) malam.

Oleh karena itu, pihaknya fokus menyasar pasar Jakarta untuk pernikahan di hotel yang baru buka akhir tahun 2015. Menurutnya, dalam tahun ini rata-rata tamu Jakarta yang mengadakan pernikahan di The Ritz Carlton Bali sekitar dua sampai tiga pernikahan.

"Secara total, yah sekitar 10 pernikahan tiap bulannya. Selain Jakarta, yah Jepang dan Australia," katanya.

Tetapi, lanjutnya, berbeda dengan tamu Jepang dan Australia, tamu Jakarta datang dalam rombongan lebih banyak. Biasanya mencapai 200 hingga 300 orang. "Kalau Jepang dan Australia, grup kecil, hanya puluhan orang," kata Tayach.

Tertarik mengadakan pernikahan di Bali? Seperti di The Ritz Carlton Bali, siapkan kocek mulai dari 4.988 dolar AS untuk paket pernikahan. Dalam paket sudah termasuk upacara pernikahan, penginapan untuk pasangan, musik, dekorasi, sampai kue pengantin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com