Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keraton Kasepuhan Cirebon Gunakan "E-Ticket"

Kompas.com - 03/03/2015, 21:34 WIB
CIREBON, KOMPAS.com - Kini, wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon harus memakai tiket elektronik (e-ticket). Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meresmikan Layanan Tourism, Web Commerce, dan E-Ticketing Keraton Kasepuhan Cirebon pada Selasa (3/3/2015) di Cirebon, Jawa Barat.

Seperti termuat dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, e-commerce Keraton Kasepuhan beralamat di www.royalkasepuhancirebon.com. Acara peresmian dihadiri pula CEO Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo dan  Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Muhammad Awaluddin bersama Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat.

Adapun selama ini PATA Indonesia Chapter dipercaya mengelola Keraton Kasepuhan Cirebon, khususnya tiket masuk melalui e-ticket guna meningkatkan kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara ke Cirebon yang dilakukan belum lama ini.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Sultan Sepuh XIV Kasultanan Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat mengatakan, penggunaan e-ticket sebenarnya sudah diujicobakan selama tiga bulan terakhir dengan harga tiket Rp 15.000.

Menurut Sultan Sepuh, selain meluncurkan e-ticket, juga dilakukan peluncuran website dan e-commerce Royal Kasepuhan Cirebon. Website tersebut berisi informasi lengkap tentang Keraton Kasepuhan Cirebon.

Sultan Sepuh bilang, e-ticket ini efektif dan efisien guna memudahkan pengunjung yang masuk ke kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon, dan pembaruan database. "Ada beberapa keuntungan dari pemberlakuan e-ticket ini, di antaranya e-ticket dapat dijual secara online, bisa diakses dari dalam maupun luar negeri, bisa terdata pembeli online, terdata jumlah pengunjung secara online, memudahkan pengunjung mendapat tiket, dan lain-lain," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com