Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Usulkan Tambora Jadi Kawasan Geopark

Kompas.com - 05/03/2015, 08:39 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan mengusulkan Gunung Tambora untuk dijadikan sebagai kawasan geopark. Seperti halnya Gunung Rinjani, Tambora memiliki belasan potensi pariwisata yang akan diusulkan sebagai geopark.

Menurut Kepala Dinas Pertambangan dan Energi NTB M Husni, saat ini pemerintah tengah melakukan infentarisasi potensi wisata yang ada di kawasan Gunung Tambora. "Tujuan utamanya untuk pariwisata, sama dengan Rinjani tujuan utama pariwisata dan tujuan lain untuk observasi sumber daya alam," kata Husni, di Mataram, Rabu (4/3/2015).

Menurut Husni, tidak semua geoside yang ada di Tambora bisa diusulkan menjadi bagian dari geopark. Sebab ada kriteria tertentu yang menentukan sebuah geoside termasuk dalam geopark.

Tambora memiliki beberapa potensi seperti air terjun, lokasi singkapan bebatuan dan beberapa jenis lainnya. "Mirip Rinjani, tapi jumlahnya tidak begitu banyak. Ada sekitar belasan, kalau Rinjani kan puluhan," kata Husni.

Husni menambahkan, setelah seluruh data lengkap, pengusulan Tambora sebagai geopark rencananya akan diajukan akhir tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com