Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jalan-jalan ala Daniel Mananta

Kompas.com - 05/03/2015, 16:22 WIB
Rachmat Ogie Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian atau traveling butuh waktu yang pas dan momen yang tepat untuk mengurangi stres selama berkegiatan pada waktu tertentu. Namun untuk mendapatkan momen yang tepat kadang dibutuhkan keahlian dalam mengatur waktu dan segala hal yang berhubungan dengan perjalanan tersebut.

Daniel Mananta, suka jalan-jalan, artis sekaligus presenter Indonesia punya beberapa tips untuk bepergian, baik destinasi lokal maupun internasional.

“Gue suka banget traveling, gue pengin jelajahi dunia, di Indonesia gue udah pernah merasakan semuanya. Di luar negeri gue pernah ke beberapa negara ya, tapi juga pengin ke Machu Pichu, pengin ke Tibet dan a lot of things that I wanna do,” ungkap Daniel di Jakarta, Rabu (25/2/2015) lalu.

Berikut beberapa tips dari Daniel :

1. Planning Jauh-jauh Hari

“Untuk dapet tiket murah, lo ga bisa beli deket-deket hari. Lo bisa persiapin dari tahun sebelumnya kalau bisa,” ungkap Daniel.

Untuk bepergian dalam rangka liburan dibutuhkan waktu yang tepat. Di sini Anda bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Hal ini menurut Daniel bisa mengurangi stres atau perencanaan gagal saat ingin bepergian. Karena sebuah perencanaan menentukan hasil perjalanan tersebut.

2. Jangan Menjadi Deal Hunter

"Ketika lo dapet penawaran bagus, jangan langsung lo terima. Lo mesti bener-bener riset dan tanya-tanya,” ujar Daniel.

Deal hunter menurut Daniel adalah orang yang suka mencari penawaran murah yang kepastiannya belum jelas. Di sini Anda mungkin merasa bahwa hotel atau penginapan atau transportasi jemputan yang Anda lihat di internet murah. Namun Anda harus benar-benar serius dan bertanya untuk mendapatkan harga yang sesuai.

Carilah referensi yang terpercaya, atau bertanya kepada orang yang pernah ke tempat tujuan Anda.

3. Manfaatkan Relasi

“Gue waktu ke Eropa nginep di rumah temen, di Swiss dan Jerman juga. Cuman lo juga harus ngerasain apa yang ada di sana,” kata Daniel.

Dengan relasi yang Anda miliki bisa menghemat pengeluaran Anda saat bepergian. Ketika Anda ingin pergi ke sebuah tempat tujuan, pastikan apakah Anda memiliki relasi, baik itu keluarga, teman, rekan kerja atau semacamnya.

Namun, menurut Daniel, jangan pernah sungkan untuk merasakan hal unik yang ada di tempat tujuan. “Waktu di Jepang gue nginep di hotel kapsul gitu, dan unik banget. Cuman ya di sana lo ngerasain banget apa yang sangat unik di sana,” ujar Daniel.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com