5 Destinasi Wisata di Kota Ambon - Kompas.com

5 Destinasi Wisata di Kota Ambon

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 10/03/2015, 09:13 WIB
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Patung Kapitan Pattimura, di Pattimura Park, Ambon, Maluku, Minggu (29/1/2012).

AMBON menawarkan beragam jenis wisata untuk para wisatawan. Mulai dari wisata alam, budaya, bahari, dan juga kuliner. Sebut saja Pantai Natsepa yang terkenal dengan hamparan pasir putih dan kuliner rujak yang dijual dekat objek wisata bahari ini. Benteng Amsterdam di Desa Hila, Leihitu yang menjadi salah satu saksi pendudukan Belanda di pulau yang berjuluk Ambon Manise ini.

Selain wisata alam dan budaya yang berada di sisi luar Kota Ambon, wisatawan dapat berwisata santai di pusat kota dan sekitarnya. Apalagi jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk berada di pulau yang berada di Indonesia Timur ini. Berikut 5 obyek wisata yang dapat dikunjungi ketika berada di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Tulisan Ambon Manise di Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

Anjungan Ambon Manise

Kota Ambon juga memiliki anjungan seperti di pinggir Pantai Losari yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Berlokasi di dekat kantor Balai Kota Ambon dan Lapangan Merdeka, anjungan ini bertuliskan dua kata yaitu Ambon Manise. Di anjungan ini, wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang tulisan yang berwarna jingga. Jika malam hari, wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara  akan menyempatkan berfoto dengan salah satu objek wisata Kota Ambon ini. Sementara untuk memasuki kawasan ini, wisatawan tidak dipungut biaya. Perpaduaan warna lampu dan tulisan akan melengkapi dokumentasi liburan Anda.

Patung Pattimura

Diresmikan pada tahun 2008, Patung Pattimura ini menjadi bagian dari koleksi patung yang ada di Pulau Ambon ini. Berada di Pattimura Park yang masih bersebelahan dengan Lapangan Merdeka, sang kapiten berpose dengan menghunus pedang panjang dan memegang perisai di tangan kanan. Perjuangan Pattimura merebut Benteng Duurstede di Kota Saparua dapat dikenang  melalui patung ini. Di sekitar Patung Pattimura, wisatawan dapat duduk santai di bangku yang tersedia. Jangan lupa untuk berfoto.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Gong Perdamaian Dunia, salah satu simbol perdamaian pascakonflik antar penduduk Ambon yang berisu SARA.

Gong Perdamaian

Masih teringat jelas sejarah kelam tentang pertikaian di Ambon. Pertikaian bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Sampai akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk berdamai. Gong bertuliskan “Gong Perdamaian Dunia” tergantung di puncak anak tangga menjadi  sebuah simbol perdamaian. Di badan gong, bertaburan bendera negara-negara di dunia. Gong ini sendiri selain berada di Ambon, juga ada di Yogyakarta, Kupang, dan Ciamis. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke gong ini jika berkunjung ke Ambon.

Gereja Silo

Jika Anda ingin mengetahui salah satu gereja tertua yang ada di Ambon, datanglah ke Gereja Silo. Gereja ini terletak di sebuah perempatan jalan yang juga berdekatan dengan Tugu Trikora. Simbol salib dan sebuah ayam hinggap di dua pucuk menara gereja. Jika difoto dengan sudut yang rendah, tugu dan dua buah menara seperti bersaing untuk menjadi yang tertinggi. Jika Anda datang ke Gereja Silo, sempatkan untuk masuk ke dalam gereja. Hormati para jemaat yang sedang beribadah jika Anda masuk.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM