Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat-tempat di Melbourne yang Gratis Dikunjungi Wisatawan

Kompas.com - 11/03/2015, 12:09 WIB
Callista Oktavia Lembing

Penulis

BARU pertama kali mengunjungi Melbourne? Bingung mau kemana saja yang bagus  dan murah? Tenang, Anda berada di tempat yang benar karena Anda akan ditunjukan tempat-tempat di Melbourne yang gratis!

Melbourne adalah kota yang kaya akan budaya dan juga merupakan kota yang senang berbagi. Hampir kebanyakan tempat yang bertujuan untuk mengedukasi diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat dan juga kepada para turis dengan gratis. Tempat ini tidak hanya menyangkut museum saja, tetapi juga taman, perpustakaan, tram, dan banyak tempat lainnya.

Berikut adalah 5 tempat gratis yang dapat Anda kunjungi.

1. Taman Botanic Melbourne

Taman Botanik adalah salah satu dari dua taman botanik di Melbourne, yang satunya lagi berada di Cranbourne. Luas Taman Botanic Melbourne adalah 38 hektar, di dalam taman ini terdapat lebih dari 10.000 spesies tanaman. Taman ini sangatlah indah dengan kombinasi lahan dengan perpohonan dan juga danau yang berisi angsa, bebek, dan burung air lainnya. Fasilitas yang disediakan meliputi kamar kecil, dua garden shop, cafe, dan juga area piknik. Ini adalah tempat yang sangat ideal bagi Anda yang menyukai suasana tenang dan indah, dan merupakan tempat yang paling cocok untuk Anda menikmati buku baru Anda.

Untuk mengunjungi taman botanik ini Anda bisa mengambil trem yang mengarah turun ke arah Flinders Street atau jika Anda sudah berada di Flinders maka Anda bisa jalan kaki. Jika Anda merasa tersesat, janganlah khawatir dan bertanyalah karena orang-orang Melbourne sangatlah ramah. Taman botanik tidak akan meminta biaya apa pun, dan Anda disarankan untuk memakai pakaian yang sesuai karena di musim dingin angin bisa sangat kuat.

2. Trem City-Circle

Tidak ada cara yang lebih baik lagi untuk melihat dan mengenal kota Melbourne daripada menggunakan trem City-Circle. Sesuai dengan namanya, trem ini akan membawa Anda mengelilingi bagian sentral hingga daerah Docklands sambil memberikan penjelasan mengenai tempat-tempat historis yang akan dilaluinya. Anda bisa naik tram ini dari halte-halte manapun yang memiliki tulisan "City Circle",  waktu menunggu antara satu trem ke trem selanjutnya sekitar 12 menit.

Trem City Circle juga berbeda dari tram lainnnya sehingga Anda pasti bisa membedakannya. Trem ini tidak dirombak dari bentuk aslinya sejak tahun 1923, warnanya merah marun dengan tulisan city-circle. Interior dalam trem juga tidak memiliki banyak perubahan selain dipasang AC dan juga speaker. Tempat duduknya pun masih seperti dahulu kala dengan kursi kayu dan pegangan tangan yang terbuat kulit. Hal baik lainnya mengenai trem ini adalah Anda tidak perlu membayar apa pun ketika naik alat transportasi ini.

Callista Oktavia Lembing ACMI at Federation Square Melbourne

3.  Gallery-Hopping

Kota pecinta seni seperti Melbourne tentunya memiliki beberapa galeri, di antaranya adalah National Gallery of Victoria (NGV), Australian Centre of Moving Image (ACMI), dan Australian Centre for Contemporary Art. Mayoritas dari galeri-galeri ini tidak akan meminta biaya, namun ada kalanya mereka akan menaruh harga untuk beberapa exhibition yang menggunakan tempat tersebut.

Ini merupakan tempat yang ideal bagi Anda yang menyukai sejarah, seni, dan pengetahuan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati arsitektur dari bangunan-bangunan ini karena sejauh ini tidak ada satupun galeri di Melbourne yang memiliki bentuk yang biasa-biasa saja. Begitu juga dengan desain interior dari bangunan ini, begitu memikat dan indah. Sangat disarankan untuk membawa kamera karena museum-museum di sini biasanya mempersilakan para pengunjung untuk memfoto koleksi-koleksi mereka.

4. Queen Victoria Market

Merupakan salah satu landmark di kota Melbourne. Mau melihat seperti apa pasar di Melbourne? Berkunjunglah ke Queen Victoria Market ini yang lebih dikenal dengan Vic Market. Vic Market buka 5 hari seminggu, kecuali hari Senin dan Rabu. Ada banyak yang dijual di Vic Market, ada Deli Hall yang menjual makanan dan juga bahan-bahan yang terbuat dari susu, Meat Hall  yang menjual beragam daging, Fruit & Vegs, Organics, General Merchendise, dan masih banyak lainnya. Anda bisa menemukan bahan-bahan hingga parfum di sini.

Victoria Market juga sering mengadakan acara. Jadi tidak ada salahnya mengecek website mereka untuk mengetahui acara mendatang. Alamat Queen Victoria Market adalah Corner Victoria dan Elizabeth Street, Melbourne. Victoria 3000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com