Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Bogor Harus Coba Pepes Sagu Pisang, Enak!

Kompas.com - 11/03/2015, 14:33 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Sudah sering saya berwisata kuliner di Jalan Surya Kencana, Bogor, Jawa Barat. Kalau ke Bogor, seperti biasa, saya wajib makan Soto Kuning Pak Yusuf, Bakso Kikil Pak Jaka dan Combro. Tapi kali ini saya mau coba makanan khas Bogor yang lain, yaitu aneka pepes yang lokasi jualannya tidak jauh dengan Lumpia Basah Pak Alen.

Padahal setiap wisata kuliner ke sini tentu saya melewati penjual pepes ini, tetapi baru kali ini saya mencobanya. Di sini menjual aneka pepes seperti pepes teri, pepes jamur, pepes peda, pepes ikan mas dan lain-lain. Selain itu di sini menjual pepes sagu pisang, pepes sagu pisang keju dan pepes sagu nangka. Menu lain di sini juga dijual otak-otak dan tape uli.

WWW.DOYANKULINER.COM Pepes sagu pisang di Bogor.

Saya di sini mencicipi langsung pepes sagu pisang, jadi hampir semua menu yang ada disini dibakar. Untuk pepes sagu pisang-nya saya suka banget lho, warnanya coklat, rasanya legit dan terasa manis. Menurut penjualnya yaitu bapak Daniel, dirinya sudah berjaualan pepes sagu sejak 36 tahun yang lalu. Menurut Daniel, pepes sagu ini merupakan satu-satunya di Bogor.

Sedangkan pepes lain saya beli untuk dibawa pulang untuk santap makan di rumah, yakni pepes jamur, pepes teri dan pepes ikan peda.

WWW.DOYANKULINER.COM Pepes teri di Bogor.

Pepes teri-nya enak, sedikit asin dan ada sedikit rasa pedas. Pepes jamur juga enak lho, empuk. Kalau pepes ikan peda memang rasanya asin dan dicampur dengan daun singkong. Sol harga? Pepes Sagu Pisang Rp 2.000, Pepes Teri Rp 9.000, Pepes Jamur Rp 10.000, dan Pepes Peda 14.000.

Pokoknya aneka pepes ini recommended, dan layak untuk Anda coba. Cocok sekali untuk oleh-oleh atau untuk disantap di rumah. Saya juga masih penasaran dengan pepes nangka-nya, kapan-kapan saya pasti akan kembali. (Frans)

WWW.DOYANKULINER.COM Aneka pepes di Jalan Surya Kencana, Bogor, Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com