Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April Ini, Tambora Bakal Menyapa Dunia

Kompas.com - 11/03/2015, 19:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati 200 tahun meletusnya Gunung Tambora, acara "Tambora Menyapa Dunia" akan digelar April 2015 dengan puncak acara di tanggal 11 April 2015.

Gunung Tambora berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya di Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya momentum meletusnya Gunung Tambora 200 tahun harus dimanfaatkan sebagai promosi wisata NTB.

"Momentum ini kita gunakan dalam event besar ini. Tambora Menyapa Dunia akan fokus pada Sumbawa. Lombok sudah cukup terkenal," kata Arief saat konferensi pers "Tambora Menyapa Dunia", di Jakarta, Selasa (11/3/2015).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB Muhammad Fauzal menuturkan untuk acara ini ditargetkan kunjungan wisatawan sebesar 15 ribu, baik wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus).

Sedangkan Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin di kesempatan yang sama mengatakan sepanjang tahun ini ada beragam acara pendukungan (supporting event) yang berlangsung di semua kabupaten di Pulau Sumbawa.

Beragam acara akan berlangsung selama rangkaian peringatan "Tambora Menyapa Dunia", seperti pentas seni budaya yang melibatkan semua sanggar di Tambora, upacara selamatan laut di kawasan Samota (Satonda, Moyo, dan Tombora), pawai budaya, dan jambore seni budaya di Dusun Pancasila sebagai dusun ppaling dekat menuju pendakian Tambora.

Tak hanya itu, Harian Kompas juga turut menyelenggarakan empat kegiatan yaitu perjalanan bersepeda atau Tambora Bike, lomba lari Trans Sumbawa, dan lomba lari trail. "Lari jauh 320 kilometer selama tiga hari. Jika berhasil akan memecahkan rekor lari Asia Pasifik, 60 jam nonstop," ungkap Pimpinan Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo, di kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com